Android P Bisa Ubah Ponsel Jadi Mouse Dan Keyboard?

San Francisco – Sistem operasi Android P kabarnya mulai dibekali dukungan bagi layanan profil perangkat Bluetooth HID. Dukungan ini mulai memungkinkan pengguna bagi membuat perangkat berbasis Android P sebagai keyboard QWERTY atau mouse via koneksi Bluetooth.

Mengutip GSM Arena, fitur ini akan diperkenalkan pada tahun 2014 lalu, ketika anggota forum Qualcomm CodeAurora menampilkan patch untuk Bluetooth HID. Langkah selanjutnya terjadi pada Desember 2016, ketika patch ditambahkan.

Meskipun demikian, fitur ini dinonaktifkan pada update sistem operasi Android selanjutnya hingga ketika ini. Fitur ini kembali diaktifkan pada Android P setelah komitmen kedua diunggah, dengan API yg kini ditampilkan setelah sebelumnya disembunyikan.

API ini memungkinkan pengembang memanfaatkannya sehingga aplikasi mulai mampu berfungsi dengan kemampuan serupa keyboard dan mouse pada ponsel pengguna sistem operasi mobile terbaru Google, Android P.

Perangkat pertama yg mulai bisa menikmati fitur ini adalah seri Google Pixel dan Pixel XL. Fungsi baru ini tak mulai mengubah ponsel menjadi PC, namun fungsi ini memungkinkan pengguna membawa serta komputer tanpa keyboard atau mouse.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin