Andy Rubin Kembangkan Smartphone Tanpa Sentuhan?

New York – Pencipta sistem operasi Android, Andy Rubin, kabarnya tengah mempersiapkan perangkat yg benar-benar berbeda dan belum pernah ada di pasaran, yakni smartphone yang dioperasikan tanpa perlu disentuh.

Menurut sumber yg diperoleh Bloomberg, smartphone tersebut mulai memiliki desain unik dengan layar kecil dan semuanya berbasis perintah suara alias voice commands. Mekanisme ini berkat penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) yg mumpuni.

Smartphone tersebut dapat merespons e-mail, menulis pesan, memesan tempat di restoran, melakukan panggilan, serta kegiatan-kegiatan lainnya, tanpa perlu ada sentuhan tangan pengguna.

Sebelumnya, pria yg kerap disebut sebagai ‘Bapak Android’ ini memang pernah membahas konsep ini dalam sebuah wawancara di tahun lalu. Dia menginginkan smartphone dengan manfaat maksimal buat pengguna, tapi tidak menciptakan ‘generasi menunduk’.

“Jika aku mampu menciptakan smartphone yang yaitu versi virtual dari pengguna, maka pengguna dapat menikmati hidupnya, tanpa menyentuh perangkat itu sama sekali. Dan pengguna mampu tetap yakin bahwa smartphone itu melakukan banyak hal yg dibutuhkan,” ujar Rubin.

“Saya rasa pada poin itu aku mampu menciptakan solusi atas kebiasaan adiktif pengguna smartphone,” ia menambahkan.

Di tahun lalu, Rubin sempat menghebohkan jagat maya dengan mendirikan startup vendor smartphone bernama ‘Essential’. Namun, smartphone perdananya tidak laku di pasaran, dan belakangan perusahaan Essential pun dijual.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin