Apple Akui Perlambat Kinerja IPhone Lawas

San Francisco – Apple membenarkan sudah membenamkan fitur yg memperlambat kinerja kerja iPhone model lawas agar perangkat-perangkat tersebut terhindar dari persoalan baterai.

Mengutip The Guardian, fitur itu disematkan ke iPhone 6, iPhone 6s, dan iPhone SE tahun lalu, serta iPhone 7 ketika peluncuran iOS 11.2. Fitur ini juga rencananya bakal dipasang ke perangkat baru.

“Tujuan kita adalah memberikan pengalaman terbaik buat pelanggan, termasuk performa keseluruhan dan memperpanjang masa pakai perangkat mereka,” kata juru bicara Apple.

Baterai yg telah digunakan dalam jangka waktu lama berisiko tak dapat memasok daya maksimum yg dibutuhkan prosesor smartphone dalam kecepatan penuh. Smartphone pun disebut dapat mendadak mati bagi melindungi komponen dalam seandainya keadaan baterai tak prima.

Pengguna iPhone 6S mengeluhkan handset mereka tiba-tiba mati meski baterai masih berisi daya sebanyak 30 hingga 40 persen.

Para pengguna iPhone lawas di situs Reddit melaporkan prosesor berjalan lambat di perangkat mereka, namun saat mereka mengganti baterai, perangkat itu pun kembali berjalan normal.

Apple menegaskan perlambatan ini dikerjakan demi melindungi perangkat dari persoalan baterai serta memperpanjang usia perangkat.

Sayangnya, pihak Apple tak memberitahukan hal ini dengan baik ke konsumen, sehingga banyak yg mengira bahwa Apple sengaja memperlambat kinerja perangkat agar beralih ke iPhone keluaran terbaru.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin