Apple Akuisisi Texture

San Francisco – Apple mengakuisisi perusahaan aplikasi penerbit majalah besar, Texture, dengan nilai transaksi yg tak diumumkan. Texture menawarkan pelanggan kemampuan bagi memilih dari sekitar 200 majalah buat dibaca seharga US$9,99 atau sekitar Rp137 ribu per bulan.

Raksasa teknologi yg bermarkas di Cupertino, California, AS itu dilaporkan membeli semua perusahaan, pegawai dan lainnya, namun tak melakukan perubahan pada Texture. Hal ini memungkinkan aplikasi selalu beroperasi dan menawarkan layanan di perangkat iOS, Android, Amazon Kindle Fire, serta Windows 8 dan Windows 10.

Proses akusisi ini disebut berada dalam tahap akhir dan langsung selesai. Seperti biasanya, Apple enggan mengungkap biaya yg dikeluarkannya bagi akuisisi ini.

Sementara itu, Texture yaitu perusahaan privat sehingga tak memiliki keterangan terkait saham secara publik, serta tak tersedia keterangan valuasinya.

Perusahaan ini memperoleh pendanaan sebesar US$90 juta atau sekitar Rp1,23 triliun sebagai permodalan, yg terdiri dari US$40 juta (Rp549,4 miliar) dari Conde Nast, Hearst, Meredith, News Corp, Rogers Communications, dan Time Inc, serta US$50 juta (Rp686,75 miliar) berasal dari dana ekuitas pribadi KKR beserta BuzzFeed, Vox Media, dan Imgr.

Senior vice president of Internet Software & Services Apple Eddy Cue menyebut, akuisisi ini menjadi bentuk komitmen Apple kepada jurnalisme berkualitas dari sumber terpercaya. Akuisisi ini juga menjadi upaya Apple agar majalah tetap menghasilkan produk berdesain indah, serta artikel menarik buat pengguna.

Hingga ketika ini, Texture belum mau mengungkapkan jumlah pelanggan yg mereka miliki. Pada tahun 2016, laporan yg diterbitkan New York Post menyebut bahwa menurut CEO Texture John Loughlin, perusahaan tersebut memperoleh pendapatan sebesar US$20 juta pada tahun 2015, meningkat sebesar 50 persen.

Dalam laporan tersebut, Loughlin juga menyampaikan bahwa Texture memiliki ratusan ribu pelanggan berbayar pada layanan yg ditawarkannya.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin