Apple Luncurkan IPhone 8 Dan IPhone 8 Plus

Cupertino – Melewati penamaan dengan embel-embel ‘S’, Apple resmi launching iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dalam sebuah acara khusus yg berlangsung di Steve Jobs Theatre, Apple Park, Cupertino, California, AS, Selasa siang (12/9/2017) waktu setempat atau Rabu pagi (13/9/2017) WIB.

CEO Apple Tim Cook sesumbar seandainya kedua lini iPhone terbaru ini menegaskan komitmen Apple buat selalu berinovasi.

“Selama sesuatu dekade, kalian terus launching inovasi demi inovasi hingga ketika ini kalian mampu menciptakan perangkat yg jauh lebih cerdas, lebih capable, dan lebih kreatif dari sebelumnya,” ia menuturkan dari atas panggung peluncuran.

Apple membalut bodi beberapa smartphone anyarnya ini dengan material aluminium level aerospace berbalut kaca yg pemrosesan warnanya melewati tujuh lapisan. Ini adalah yg pertama kali di pasaran dan diklaim sebagai kaca pelindung paling awet buat smartphone.

iPhone 8 masih memakai layar berukuran 4,7 inci, sementara iPhone 8 Plus memiliki bentangan layar 5,5 inci. Layar ini mengusung teknologi 3D Touch dan True Tone Display yg diklaim bisa menghadirkan pengalaman sinematik.

Apple membekali duo iPhone 8 ini dengan prosesor A11 Bionic yg memiliki 6 inti dengan desain 64-bit. Empat intinya lebih cepat 75 persen dibandingkan prosesor A10 yg tersemat pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, sementara beberapa inti lainnya lebih cepat 25 persen ketimbang A10.

Jika ditilik dari kecepatan grafis, GPU A11 lebih mantap 30 persen daripada A10. Secara keseluruhan, performa lebih cepat 70 persen ketimbang A10.

“Apple menyematkan GPU yg milik kinerja 30 persen lebih kencang dari A10,” tegas Phil Schiller, Senior VP of Worldwide Marketing Apple yg juga berada di atas panggung peluncuran.

“A11 juga memiliki prosesor gambar baru dengan fokus low-light lebih cepat dan pengurangan noise lebih apik bagi komponen kameranya,” imbuhnya.

Pada sektor kamera, iPhone 8 milik ukuran 12MP dengan sensor baru yg diklaim 83 persen lebih ringan dan efisien daya. Kamera ini sudah dibekali fitur OIS dan sejumlah filter baru.

Untuk iPhone 8 Plus masih memiliki beberapa kamera belakang. Ukurannya masih 12MP+12MP dengan aperture masing-masing f/1.8 dan f/2.8. Dilengkapi pula fitur OIS dan fitur Potrait Lighting yg memungkinkan pembidikan foto portrait lebih tajam layaknya kamera SLR berlensa premium.

Tak cuma bagi foto, kamera iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga makin mumpuni bagi perekaman video. Frame rate pada video lebih cepat dengan analisis gerak dan gambar secara real-time sehingga lebih mulus. Kemampuannya mampu merekam video 4K dengan 60 fps dan slow-motion 1080p dengan 240 fps.

Selain itu, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga menjadi smartphone Apple pertama yg benar-benar mendukung Augmented Reality (AR).

“iPhone pertama yg dibuat bagi AR, dan menjadi smartphone pertama tentunya,” klaim Schiller.

Kameranya memiliki kalibarasi khusus bagi AR dengan low-light 60 fps, accelerometer, dan motion tracking yg akurat. Pecinta game dapat mengandalkan duo iPhone baru ini bagi bermain dengan pengalaman yg lebih apik.

Soal audio, stereo speaker iPhone 8 dan iPhone 8 Plus diklaim 25 persen lebih kencang dibandingkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Bass-nya pun disebut-sebut lebih dalam.

Duo iPhone 8 ini juga tak menyertakan colokan audio standar 3,5mm, namun tetap dilengkapi fitur antiair dan antidebu, meskipun tak dijelaskan sertifikasinya.

Kedua smartphone anyar ini dibekali koneksi LTE dan Bluetooth v5.0, serta fitur yg ditunggu-tunggu, yakni pengisian daya baterai secara nirkabel alias wireless.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus akan mampu dipesan pada 15 September 2017 dan mulai tersedia di dua pasar pada 22 September 2017. Harganya akan dari US$699 (Rp9,2 juta) buat iPhone 8 dan US$799 (Rp10,5 juta) buat iPhone 8 Plus.

Keduanya tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni silver, gold, dan space grey.

Sumber:

http://teknologi.inilah.com/read/detail/2404078/apple-luncurkan-iphone-8-dan-iphone-8-plus

Post Author: admin