Apple Umumkan MacOS 10.14 Mojave

San Jose – Selain memperkenalkan iOS 12, Apple juga memperbarui sistem operasi perangkat komputernya. Secara resmi, macOS 10.14 diberi nama Mojave.

Pemberian nama ini terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, Apple menggunakan nama-nama pegunungan di California buat julukan macOS. Mojave sendiri yaitu gurun yg berada di bagian California Selatan dan bagian kecil California Utara, Utah Barat Daya, Nevada Selatan, dan Arizona Barat Laut.

Pemilihan Mojave sendiri bukan tanpa sebab, Apple SVP of Software Engineering Craig Federighi mengungkap alasan raksasa teknologi AS ini memberikan nama tersebut.

“Saat malam, Mojave tampak sangat indah. Ini yg menginspirasi fitur baru kami,” kata dia, ketika berbicara di ajang WWDC 2018, yg digelar di San Jose, California, AS, Selasa (5/6/2018).

Fitur baru yg dimaksud Federighi adalah ‘dark mode’. Fitur ini sempat dirumorkan mulai hadir di macOS terbaru, dan hal tersebut memang benar-benar terbukti.

Saat fitur ini diaktifkan, segala tampilan macOS mulai berubah menjadi gelap, akan dari dock, task bar, hingga chrome di bagian aplikasi. Tampilan ini jelas memberikan kenyaman ketika digunakan oleh penggunanya saat malam hari.

Apple turut memperbarui tampilan Mac App Store. Perubahan yg hadir mirip App Store di iOS dengan tampilan lebih fresh dan makin memudah mengekplorasi aplikasi.

Perusahaan yg berbasis di Cupertino, California, AS ini juga memberikan aplikasi Apple News, Voice Memos, Home dan Stocks. Ada pula Stacks yg yaitu cara baru bagi membersihkan desktop yang berantakan. Akan ada folder yang didedikasikan berdasarkan tipe file dan secara otomatis mengumpulkannya.

Fitur keamanan juga ditonjolkan dalam pembaruan macOS Mojave. Pengguna makin gampang mengontrol aplikasi apa yg boleh mengakses keterangan dan hardware. Browser Safari pun kini dibekali kemampuan buat memblokir media sosial melacak pengguna.

Fitur Finder diberikan Galery View yg memungkinkan men-scroll preview file. Tidak ketinggalan dan tidak kalah menariknya adalah hadirnya Dynamic Desktop, sebuah fitur yg menampilkan live wallpaper di perangkat Mac.

macOS Mojave mulai tersedia pada musim gugur tahun ini, sekitar September atau Oktober 2018. Sementara versi developernya telah mampu dijajal ketika ini juga.


Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin