BRI Indocomtech 2017 Catat Transaksi Rp613 Miliar

Jakarta – Pameran Teknologi Informasi dan Komunikasi BRI Indocomtech 2017 yg digelar di Jakarta Convention Center (JCC) berakhir dengan hasil memuaskan.

Sepanjang lima hari perhelatan (1-5 November 2017), pameran ini mencatat jumlah pengunjung yg mencapai 178.285 orang dengan total transaksi senilai Rp613.748.500.000. Penjualan terbanyak masih dikuasai oleh gadget macam smartphone dan laptop.

Dibandingkan gelaran tahun dahulu yg mencapai transaksi sebesar Rp610 miliar, BRI Indocomtech 2017 mengalami sedikit lonjakan transaksi pada tahun ini.

“BRI Indocomtech 2017 memang masih populer sebagai pameran business-to-consumer (B2C) dengan aura diskon yg terus masih menarik and menguntungkan pengunjungnya, namun tahun ini telah akan tampak geliat pameran B2B (business-to-business) yg telah menghasilkan potensi transaksi dan kolaborasi bisnis yg cukup besar,” ujar G Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Yayasan APKOMINDO Indonesia.

Menurut Hidayat, segala potensi yg dihasilkan dari pameran ini mulai ditindaklanjuti, sehingga Yayasan APKOMINDO Indonesia bersama dengan Traya Events bisa menyelenggarakan Indocomtech dengan konsep dan konten yg segar setiap tahunnya, khususnya bagi menjawab situasi shifting dan disruption di seluruh bidang serta perekonomian yg tengah sama-sama kalian alami.

Indocomtech juga berusaha buat tidak mengurangi porsi edukasi seiring dengan komitmen Yayasan APKOMINDO bagi mengembangkan dan mengasah sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga Indonesia bersiap menjadi pelaku-pelaku industri yg aktif berpartisipasi bukan cuma sebagai pasar untuk produk-produk dari luar negeri.

“Kami patut bersyukur karena pameran BRI Indocomtech 2017 yg juga menampilkan B2B di arena i3expo, sudah terlaksana dengan baik. Dilihat dari jumlah peserta, serta total transaksi, pameran kali ini sudah melebihi target yg direncanakan dari awal,” kata Bambang Setiawan, Presiden Direktur Traya Events, yg telah melaksanakan pameran Indocomtech sejak tahun 2000.

Namun, dia mengakui ada berbagai kendala lokasi dan juga pengaruh perekonomian yg ‘disruptive‘ serta shifting dari Offline ke Online, meskipun ternyata kebutuhan konsep Offline ke Online, tak mengurangi minat masyarakat bagi tiba di pameran ini.

“Gelaran Indocomtech tahun depan mulai semakin lengkap, B2C, B2B, Online dan perusahaan rintisan (startup) maupun acara seminar dan talk show serta Focus Group Discussions, mulai digelar bersamaan sesuai konsep baru dari Yayasan APKOMINDO Indonesia, selaku penyelenggara,” lanjut Bambang.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Bank BRI dan Yayasan APKOMINDO Indonesia atas jalinan kerja sama yg apik dalam pelaksanaan BRI Indocomtech 2017.

Pada seremoni penutupan pameran, pihak penyelenggara juga mengumumkan nama-nama pemenang doorprize dari pengunjung yg sudah berbelanja senilai minimal Rp500.000 dan mendapatkan kupon undian.

Pemenang penting atas nama Sunny Ingtiawati berhak meraih hadiah berupa sepeda motor Yamaha Fino, Sementara hadiah laptop ASUS dimenangi oleh Andy Effendy.

Pada tahun depan, Yayasan APKOMINDO Indonesia dan Traya Events berencana menggelar Indocomtech 2018 pada 31 Oktober-4 November 2018, dengan jumlah peserta lebih banyak dan area pameran yg lebih luas.

[ikh]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin