Demi Chipset AI, Facebook ‘Bajak’ Petinggi Google

San Francisco – Facebook sepertinya semakin serius menggarap chipset yang dirancang khusus buat menjalankan sistem artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Baru-baru ini, raksasa media sosial itu sudah ‘membajak’ teknisi senior yg mengerjakan chipset untuk Google, demi melancarkan misi mereka.

Sosok yg ‘dibajak’ oleh Facebook adalah Senior Director of Engineering Google, Shahriar Rabii. Dia telah hampir tuhuh tahun berada di Google dan mengawasi pembuatan chipset untuk perangkat konsumer, spesifiknya chipset Visual Core yg disematkan pada smartphone Pixel 2. Namun sekarang, Rabii sudah mengubah keterangan pekerjaannya di LinkedIn menjadi VP and Head of Silicon Facebook.

Ambisi Facebook buat menciptakan chipset yang khusus dirancang buat mengoperasikan AI memang telah santer terdengar sejak beberapa bulan lalu. Raksasa jejaring sosial itu juga belum bicara banyak dan tak diketahui apakah chipset kecerdasan buatan itu mulai dirilis buat perangkat konsumer, atau cuma dipakai sendiri di servernya.

Selain chipset, Facebook juga berniat buat membuat hardware lain dan sudah mendirikan divisi khusus bagi mengerjakannya. Wujud ambisi itu antara yang lain berupa divisi Building 8 yg nyaris merilis speaker pintar, serta pengembangan hardware virtual reality berlandaskan chipset mobile buatan Qualcomm.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin