Dibongkar, Jeroan Kamera Huawei P20 Pro Terungkap

San Francisco – Sudah menjadi tradisi buat iFixit bagi membongkar dan mengoprek smartphone anyar. Huawei P20 Pro yg baru-baru ini diluncurkan pun tak luput dari tradisi tersebut.

Secara umum, iFixit memberi skor 4 dari 10. Artinya, Huawei P20 Pro memiliki kesulitan yg cukup tinggi buat diperbaiki. Sekedar perbandingan, iPhone X memiliki skor 6 dari 10, yg berarti lebih gampang bagi diperbaiki ketimbang Huawei P20 Pro.

Dijelaskan dalam situsnya, langkah pertama yg dikerjakan iFixit adalah membongkar bagian belakang dari Huawei P20 Pro. Dalam hal ini, iFixit tak menemui kesulitan berarti. Hanya saja, butuh alat khusus buat membuka panel belakang smartphone anyar besutan Huawei itu.

Di bagian dalam, terdapat sebuah baterai yg cukup lebar dan tiga kamera belakang fenomenal yg tersambung segera dengan motherboard. Selanjutnya, proses investigasi berlanjut ke tiga kamera belakangnya.

Diletakkan secara berurutan, kamera 40MP terletak di bagian tengah, sementara kamera 20MP monokrom terletak di sebelahnya yg tergabung dalam satu konektor. Sementara kamera telephoto 8MP berdiri sendiri dengan satu konektor.

Menariknya, iFixit menemukan bahwa tiap kamera belakang di smartphone ini memiliki sensor OIS, padahal Huawei sendiri menyampaikan bahwa cuma kamera 8MP saja yg dibekali dengan sensor OIS. Adapun dua kamera lainnya sepenuhnya bergantung AI Neural Processing Unit yg dimiliki chipset HiSilicon Kirin. Nyatanya, hasil temuan iFixit tak menyampaikan demikian.

Secara keseluruhan, komponen Huawei P20 Pro terdiri dari beragai komponen modular sehingga gampang dilepas dan diganti dengan yg baru. Namun sayangnya, pernggantian baterai dan layar membutuhkan usaha lebih karena kerumitannya. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin