Finney Akan Jadi Smartphone Blockchain Pertama

San Francisco – Finney diklaim mulai menjadi smartphone pertama yg memanfaatkan teknologi blockchain yang semula dikembangkan bagi mata uang kripto, Bitcoin.

Merupakan besutan startup asal Swiss, Sirin Labs, yg bekerja sama dengan Foxconn International Holdings (FIH) Mobile, anak usaha pemanufaktur yang berasal China, Foxconn, Finney menampilkan spesifikasi terbaik, terutama dalam melindungi diri dari peretas.

“Tim kita bekerja keras buat memastikan smartphone berteknologi blockchain pertama ini mumpuni di semua aspek teknis. Kami berkolaborasi dengan FIH Mobile bagi memastikan rancangan berkelas dan arsitektur perangkat yg bisa menjalankan keamanan yg baik dan pengalaman blockchain yg gampang digunakan,” kata Co-CEO Sirin Labs Zvika Landau, seperti dilansir Phone Arena.

Sirin Labs baru saja merilis spesifikasi terbaru buat smartphone Finney. Mereka mengklaim Finney mulai menjadi handset pertama di dunia yg terhubung dengan industri blockchain.

Sekilas, Finney kelihatan seperti smartphone pada umumnya, dengan layar 6 inci, rasio aspek 18:9 dan resolusi FHD+ 2160 x 1080 piksel. Sebagai dapur pacunya, smartphone ini mengusung chipset Snapdragon 845 dengan CPU octa-core serta GPU Adreno 630.

Finney mulai didukung RAM 6GB dan memori internal berkapasitas 128GB. Sirin Labs tidak lupa membekali Finney dengan fitur penunjang fotografi. Di belakang, mulai ada kamera 12MP dan buat swafoto alias selfie disematkan kamera depan 8MP. Finney telah mendukung buat pemindai sidik jari yg disebut ‘ultra-aman’, konektivitas Bluetooth 5.0, dan NFC.

Kemampuan smartphone ini didukung baterai 3000mAh yg bisa mengisi daya 50 persen dalam 30 menit, serta berjalan memakai sistem operasi Android 8.1 Oreo. Finney memiliki sertifikasi IP52, ada sedikit perlindungan dari air yg jatuh secara vertikal, misalnya hujan. Bagian belakang handset ini juga dilindungi Gorilla Glass.

Masuk ke spesifikasi unik, Finney mulai dipasangi teknologi blockchain untuk mampu memiliki ‘dompet’ mata uang kripto yg tak tersambung ke internet, sehingga peretas tak dapat mengakses uang yg disimpan di sana.

Rencananya Finney mulai diluncurkan pada akhir tahun ini. Sirin Labs pun sudah membuka pra-pemesanan di situs mereka bagi smartphone ini dengan tawaran harga US$999.

Sirin Labs juga menyediakan pembayaran dengan mata uang kripto buatan mereka, Token (SRN), seharga 50 Token (per koin bernilai US$25,03) cuma bagi pemesanan.

Harga resmi Finney dalam mata uang kripto mulai bergantung pada nilai koin ketika perangkat dirilis.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin