Fotografer Indonesia Raih Penghargaan Dunia

Jakarta – Dewan juri kompetisi Sony World Photography Awards 2018 memberikan penghargaan buat lima fotografer Indonesia dengan menempatkan karya-karya mereka ke dalam urutan 50 teratas dalam kompetisi kategori terbuka.

Diproduksi oleh World Photography Organisation, Sony World Photography Awards yaitu kompetisi fotografi paling beragam di dunia. Edisi ke-11 ini, memecahkan rekor sebanyak 320 ribu jumlah peserta dari fotografer yg berasal dari lebih dari 200 negara, menampilkan beberapa karya fotografi kontemporer terbaik di dunia selama satu tahun.

Rangkaian peserta mancanegara memperlihatkan beragam foto-foto yg berbeda dari aspek jenis, gaya dan subjek yg dikumpulkan dalam empat kompetisi: Profesional, Terbuka, Youth, dan Student Focus.

Kompetisi Terbuka, yg memberikan penghargaan kepada foto terbaik dari 10 kategori, menampilkan dua fotografer Indonesia pada daftar finalis. Tiga fotografer dari Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar 50 teratas di dunia (mendapatkan penghargaan) pada 10 kategori kompetisi Terbuka.

Foto-foto yg masuk ke dalam daftar finalis kompetisi Terbuka terinspirasi oleh berbagai hal. Bambang Wirawan, fotografer yang berasal Magelang, membawa kejutan dengan mengambil foto pekerja kapas yg sedang bekerja.

Sedangkan Fajar Kristianto, fotografer yang berasal Depok, dengan baik menangkap momen atlet loncat indah di kawasan olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta. Fajar Kristianto yaitu Pemenang Indonesian National Award 2017 dengan foto yg masuk ke dalam daftar finalis kategori Portrait.

Foto Hardijanto Budiman, yang berasal Tangerang, yg diberi penghargaan berjudul Water Runs Dry, yaitu karya konseptual yg merefleksikan aktivitas manusia yg bisa merusak lingkungan.

Sementara Ares Joneksin Saragi dari Jakarta menawarkan foto berwarna dari pekerja industri penggambar batik yg mengeringkan kain batik di bawah matahari.

Sedangkan Elyana Dasuki, yang berasal Jakarta, mengambil foto menakjubkan dari penggembala yg menggiringi kuda-kuda di padang yg terletak di Bashang, Mongolia, China.

Karya fotografer yg masuk ke dalam daftar finalis dan diberi penghargaan mulai ditampilkan pada Sony World Photography Awards 2018 Exhibition di London, Inggris, pada 20 April 6 Mei mendatang.

Adapun pemenang kompetisi Terbuka mulai diumumkan pada 20 Maret, dan pemenang kategori Profesional dan secara keseluruhan mulai diumumkan pada 19 April 2018.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin