Galaxy S9 Akan Lebih Bertenaga Ketimbang IPhone X?

San Francisco – Samsung kabarnya bakal mengandalkan chipset prosesor baru pada flagship generasi selanjutnya Galaxy S9.

Dapur pacu itu disebut mulai memiliki kinerja jauh lebih tinggi dari yg tersemat pada smartphone Android di pasaran ketika ini. Namun, apakah performanya juga lebih mumpuni dibandingkan chipset Apple A11 Bionic 10nm yg tersemat pada iPhone X?

Memang, Samsung belum banyak mengumbar keterangan perihal Galaxy S9. Namun raksasa teknologi yang berasal Korea Selatan itu menyampaikan bahwa mereka bersiap memproduksi chipset anyar dengan teknologi pemrosesan 8nm.

“Kualifikasi sudah rampung tiga bulan lebih cepat dari jadwal dan kalian bersiap menerima pesanan bagi teknologi proses FinFET 8 nanometer (nm), 8LPP (Low Power Plus),” demikian dikatakan Samsung di dalam blog resmi mereka.

Diduga kuat chipset 8nm tersebut mulai pertama kali dipasang pada Galaxy S9. Ada juga laporan yg menyebut Snapdragon 845 mulai eksklusif hadir di Galaxy S9 sebagai debutnya.

Qualcomm, produsen pembesut chipset berlabel Snapdragon, adalah rekanan lama yg memproduksi chipset di fasilitas pabrik Samsung.

Belum diketahui secara pasti apakah Snapdragon 845 mulai diproses memakai teknologi 8nm atau tidak. Yang jelas, teknologi 8LPP yaitu peningkatan dari pemrosesan 10nm sebelumnya.

Chipset dengan pemrosesan 8nm mulai menghadirkan performa dan skalabilitas yg lebih baik ketimbang chipset berbasis pemrosesan 10nm,” kata RK Chunduru, Senior Vice President Qualcomm, seperti dilansir BGR.

Chipset 8nm juga diharapkan lebih hemat daya 10 persen ketimbang chipset 10nm. Peningkatan kecepatan belum mampu diprediksi karena masih terlalu awal buat membicarakan benchmark.

Saat ini, iPhone X didaulat sebagai smartphone dengan performa paling tinggi oleh para pembuat aplikasi benchmark pengukur kinerja, bahkan mengalahkan berbagai handset premium berbasis Android.

Apakah ketika diluncurkan nanti Galaxy S9 dapat mengalahkan performa iPhone X? Kita nantikan saja bersama.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin