Garmin Boyong Smartwatch Untuk Diving Ke Indonesia

Jakarta – Garmin resmi memboyong produk smartwatch khusus buat para penyelam, Descent Mk1, ke Indonesia. Dibanderol dengan harga Rp17.099.000, apa saja keistimewaan dari jam tangan pintar ini?

Descent Mk1 mampu dikatakan sebagai sebuah komputer selam berbentuk jam tangan yg menawarkan GPS positioning dengan pemetaan kaya warna. Produk ini memang dirancang bagi penyelam bebas, teknis dan rekreasi, namun tetap fashionable untuk dikenakan setiap hari.

“Dengan berbagai fitur yg terpasang, produk ini mampu digunakan ketika menyelam maupun di luar air, dengan bentuk berupa jam tangan, Anda takkan perlu melepasnya,” kata Engelhard (Al) Sundoro, Managing Director Garmin South Asia.

“Descent Mk1 dibuat oleh penyelam, bagi penyelam, dan kalian sangat senang bahwa semangat kalian menciptakan perangkat dengan kegunaan khusus, kini bisa mendukung semangat penjelajah bawah air,” imbuhnya.

Produk ini memungkinkan penggunanya buat merencanakan petualangan di bawah air segera dari jam tangan dengan memakai GPS waypoint bagi otomatis menandai titik akan dan titik keluar kegiatan penyelaman.

Descent Mk1 menawarkan sejumlah mode selam, kompas tiga sumbu, data dalam penyelaman, dan juga fungsi multi-sport seperti pengukur denyut jantung melalui pergelangan tangan, profil aktivitas, dan unggahan catatan penyelaman secara otomatis melalui aplikasi Garmin Connect Mobile ke komunitas penyelam online Garmin.

Produk ini memiliki mode Apnea bagi para penyelam bebas, rekreasi, dan kompetisi, serta mode Apnea Hunt bagi para pemancing tombak atau spear-fisher.

Saat akan menyelam, Descent Mk1 mulai secara otomatis memulai hitungan selam dan saat penyelam naik ke permukaan, hitungan selamnya otomatis berhenti. Produk ini sudah mendukung hingga enam macam gas, termasuk udara biasa, nitrox, dan trimix.

Sambil menyelam, keterangan berguna seperti kedalaman, waktu selam, suhu, NDL/TTS, kecepatan naik/turun, campuran gas, PO2, keterangan pemuatan N2, dekompresi/ safety stop, jam, dan banyak keterangan yang lain yg bisa dilihat pada layar warna bundar berukuran 1,2 inci.

Penyelam mampu berganti ke kompas selam dan laman data tambahan cuma dengan menekan tombol atau dengan ketukan cepat sebanyak dua kali di layar.

Di darat, Descent Mk1 memiliki fitur pelacakan satelit GPS dan GLONASS bagi navigasi permukaan berbasis peta, termasuk sensor ABC (altimeter, barometer, dan kompas.

Selain fungsi buat menyelam, produk ini juga menawarkan fitur lengkap buat olahraga atau latihan, kebugaran, dan alat navigas luar ruangan.

Descent Mk1 juga telah terpasang berbagai profil aktivitas outdoor seperti berenang, berlari, bersepeda, mendaki, ski, mendayung, paddle boarding, dan masih banyak lagi.

Seperti produk jam tangan pintar pada umumnya, seandainya dipasangkan dengan smartphone yang kompatibel, Descent Mk1 memungkinkan penggunanya menerima dan melihat SMS, email, dan notifikasi pintar segera dari jam tangan.

Descent Mk1 tersedia dengan bezel berbahan stainless-steel dan tali jam tangan berbahan silikon. Tali jam tersebut juga didukung Quick Fit, memungkinkan para penggunanya buat mengganti tali secara cepat, guna menyesuaikan panjang tali yg dibutuhkan dengan wetsuit atau pakaian selam yg digunakan.

Smartwatch canggih ini mengusung desain cembung pada kaca jam, berbahan safir yg diklaim tahan goresan, guna melindungi layar 1,2 inci.

Selain itu, Descent Mk1 juga dibekali daya tahan di dalam air hingga kedalaman 100 meter, dan didukung baterai dengan masa aktif selama 36 jam dalam mode selam, 18 hari dalam mode jam tangan, 10 hari dalam mode terkoneksi smartphone, 20 jam dalam mode aktivitas GPS/HR, dan hingga 28 jam dalam mode UltraTrac.

[ikh]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin