Google Bikin Ponsel Android Edisi Khusus YouTube?

San Francisco – Google kabarnya sudah mengirimkan survei ke sejumlah pengguna smartphone Android buat menanyakan bagaimana pendapat mereka tentang perangkat yg dirancang khusus buat YouTube agar lebih cepat dan gampang digunakan.

Meski munculnya survei tersebut tak menjamin bahwa smartphone edisi YouTube sedang dalam pengembangan, hal ini memperlihatkan bahwa isu tersebut sedang dibahas di Mountain View, California, AS, markas besar Google.

Mengutip Phone Arena, salah satu fitur yg disebutkan dalam survei adalah ‘YouTwist’. Dengan mengubah posisi smartphone menjadi lansekap, pengguna mulai melihat daftar video YouTube yg mungkin ingin ditonton.

Fitur yang lain adalah ‘YouCapture’, berupa tombol khusus yg bisa ditekan bagi mengakses YouTube dan merekam video.

Pengguna juga mulai mampu membuat sesuatu yg mirip dengan Instagram Story yg disebut ‘Creator Connec’ yg muncul di bagian atas layar awal.

Thumbnail video juga mulai muncul di layar lockscreen yang memungkinkan pengguna mengetuknya buat segera terhubung ke feed YouTube.

Menurut survei, perangkat YouTube Edition tersebut –yang dapat saja dinamai YouTube Edition by Android One, YouTube Edition by LG, atau YouTube Edition by Samsung– mulai memiliki layar 6,01 inci dengan rasio aspek 18:9 dan resolusi Full-HD 2160x1080p.

Smartphone tersebut kabarnya mulai dibekali prosesor 2.2GHz dengan RAM 4GB, memori internal 32GB/64GB, dan baterai 3700mAh, serta kamera ganda di bagian belakang yg mulai menampilkan sensor 12MP dan 5MP, plus kamera depan 8MP.

Bakal hadir dengan kemungkinan pilihan warna hitam, putih, dan merah, perangkat tersebut mulai dilengkapi speaker stereo dan pemindai sidik jari, dan mulai dijual di kisaran harga US$360 sampai US$400 atau sekitar Rp4,9 juta hingga Rp5,4 juta.

Nantinya, para pembeli perangkat ini juga mulai menerima data tambahan kuota data 10GB setiap bulannya selama setahun.

Meski demikian, perlu diingat bahwa perangkat ini bukan handset di kelas high-end. Dalam survei tersebut, smartphone YouTube Edition dibandingkan dengan iPhone SE, iPhone 6, Sony Xperia XA1, dan Samsung Galaxy A5, sehingga jelas bahwa Google belum memilih produsen buat membuat perangkat itu, seandainya proyek tersebut mendapat lampu hijau.

Kita nantikan saja bersama. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin