HMD Global Resmi Luncurkan Nokia 8.1

San Francisco – HMD Global akhirnya resmi launching Nokia 8.1. Smartphone ini yaitu versi global dari Nokia 7.1 Plus (Nokia X7) yg telah meluncur lebih dahulu bagi beberapa pasar Eropa.

Dari segi desain, Nokia 8.1 mengusung konsep bezel-less layaknya smartphone menengah atas terkini. Perangkat ini memiliki empat sisi bingkai yg tipis dengan sudut yg melingkar dengan tulisan ‘Nokia’ di bagian dagunya.

Mengutip GSM Arena, smartphone dengan embel-embel ‘PureDisplay’ ini tampil dengan layar berjenis IPS LCD 6,18 inci beresolusi 2246 x 1080 piksel. Di bagian layar sebelah atas, terdapat notch atau poni sebagai tempat kamera 20MP dengan aperture f/2,0.

Di bagian punggungnya terdapat kamera ganda dengan posisi vertikal di bagian tengah. Kamera utamanya memiliki resolusi 12MP dengan aperture f1/2,55 dan lebar sensor 1,4 mikron.

Kamera tersebut memiliki fitur PDAF dan Optical Image Stabilization (OIS) selain lensa dengan dukungan Carl Zeiss.

Sedangkan kamera sekundernya memiliki resolusi 13MP yg berfungsi sebagai depth sensor guna menghasilkan efek bokeh.

Selain kamera ganda, terdapat juga sensor pemindai sidik jari sebagai kunci keamanan di bagian belakang. Posisinya tepat berada di bawah kamera yg bisa dengan dijangkau dengan ujung jari pengguna.

Untuk dapur pacu, Nokia 8.1 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 710 yg dipadankan dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Nokia 8.1 dibenamkan baterai berkapasitas 3500 mAh dengan dukungan fast charging dan menjalankan OS Android 9.0 Pie dengan antarmuka Android One.

HMD Global menjanjikan smartphone anyarnya ini mulai selalu didukung pembaruan sistem operasi selama dua tahun, dan pembaruan keamanan selama tiga tahun.

Nokia 8.1 tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Blue, Silver/Steel, Copper, dan Iron/Steel, serta dibanderol dengan harga 400 euro atau sekitar Rp6,6 juta.

Handset ini mampu dipesan akan 15 Desember 2018, dan akan dikirim ke pengguna pada 20 Desember 2018, namun baru cuma buat kawasan Timur Tengah.

Kawasan lain, seperti Asia (termasuk Indonesia), dan Eropa disebut mulai menyusul disambangi Nokia 8.1 itu dalam waktu dekat.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin