Huawei Kembangkan Chipset Kelas Menengah Kirin 710

Beijing – Huawei, melalui HiSilicon Technologies, dilaporkan tengah mengembangkan chipset kelas menengah baru yg mulai bernama Kirin 710. Produk ini sepertinya bakal menjadi pesaing buat Snapdragon 710, chipset kelas menengah besutan Qualcomm.

Mengutip Gizmochina, Kirin 710 mulai menjadi upgrade dari chipset pendahulunya, yakni Kirin 659 dan mulai tiba dengan arsitektur chipset Huawei sendiri berdasarkan pada CPU Cortex A73. Kabar lainnya juga menyebutkan bahwa mobile chipset ini dibangun memakai teknologi proses 12nm di Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Sebagai perbandingan, Snapdragon 710 dibangun memakai teknologi proses 10nm lewat manufaktur Samsung Electronics. Selain itu, chipset buatan Qualcomm ini juga telah dilengkapi dengan engine AI multi-core dan kemampuan pemprosesan yg diklaim lebih baik.

Snapdragon 710 memiliki komposisi dua core Kryo 360 Cortex A75 dengan clock speed 2,2GHz dan enam core Kryo 360 Cortex A55 yg memiliki clock speed 1,7GHz. Prosesor octa-core ini juga dipasangkan dengan GPU Adreno 616 yg menjanjikan render grafis 35 persen lebih baik.

Baru-baru ini juga telah ada beberapa pabrikan yg mengumumkan bahwa mereka bersiap buat memakai chipset Snapdragon 710. Dua di antaranya adalah Xiaomi yg sudah menelurkan Mi 8 SE dan Vivo yg rencananya mulai launching Vivo NEX dengan chipset terbaru buatan Qualcomm ini.

Selain Xiaomi dan Vivo yg telah mengonfirmasi, ada juga HMD Global yg kabarnya mulai meracik smartphone Nokia terbarunya di tahun ini dengan chipset Snapdragon 710. Selain itu, Google juga disebut-sebut sedang mempersiapkan satu smartphone Pixel terbarunya yg didukung chipset yang sama.

Meskipun tak banyak keterangan yg diketahui tentang Kirin 710 buatan Huawei ini, besar kemungkinan chipset ini buat pertama kalinya mulai dibenamkan ke dalam Huawei Nova 3 atau Huawei P20 Lite.

Diharapkan, smartphone ini mulai meluncur pada Juli 2018 dengan layar beraspek rasio 19,5:9 dan dukungan dual-camera belakang.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin