Ini Dia Smartphone 5G Pertama Di Dunia

San Francisco – Motorola baru saja merilis Moto Z3. Perangkat ini diklaim sebagai smartphone 5G pertama di dunia.

Adapun smartphone ini hadir dengan tampilan yg tak jauh berbeda dari Moto Z3 Play namun tentunya dengan spesifikasi yg lebih tinggi. Yaitu layar AMOLED 6,1 inci FullHD+, SoC Snapdragon 835, RAM 4GB, internal storage 64 GB serta ditenagai dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Smartphone ini juga memiliki fitur water resistant.

Mengutip GSM Arena, Moto Z3 dibekali dengan kamera penting dual sensor,dengan satu sensor RGB 12 MP f/2.0 dengan piksel 1,25um dan sensor monokrom 12 MP, serta dual LED flash.

Untuk kamera depan, smatphone ini dibekali sensor 8 MP f/2.0 dengan ukuran piksel 1,12um dan sudut pandang 84 derajat.

Namun ada satu hal yg membuat Moto Z3 menarik perhatian dunia gadget. Pasalnya smartphone ini adalah smartphone pertama di dunia yg hadir dengan fitur koneksi selular 5G.

Berkat teknologi modular yg dimilikinya, Moto Z3 mampu dipasangkan perangkat Mod tambahan yg bisa mendukung jaringan selular 5G.

MotoMod 5G ini dibekali dengan chipset modem Qualcomm terbaru merupakan X50, serta dibekali dengan baterai sebesar 2000mAh. Koneksi yg lebih cepat dari teknologi 5G tentunya mulai lebih membutuhkan tenaga daya yg lebih besar, sehingga Mods ini telah dibekali dengan baterai tambahan.

Meskipun teknologi koneksi data selular 5G ketika ini belum tersedia, tetapi teknologi yg ditawarkan Moto Z3 tentunya sangat futureproof dan mampu langsung diadopsi ketika teknologi 5G tersebut bersiap digunakan.

Moto Z3 dibanderol dengan harga US$480, dan terlebih dulu mulai dipasarkan di AS secara ekslusif melalui Verizon akan 16 Agustus mendatang. Aksesoris MotoMods 5G tersedia terpisah, namun belum disebutkan berapa harga buat aksesoris mods 5G ini.

Sementara itu, sampai ketika ini belum ada lagi ‘tanda-tanda kehidupan’ dari Lenovo dan Motorola Indonesia, sehingga sulit memastikan apakah produk ini mampu tersedia secara resmi di tanah air.

Meski demikian inovatif, sayangnya juga Moto Z3 mulai menjadi produk smartphone modular terakhir dari Motorola. Motorola mulai berhenti menghadirkan seri smartphone modular dan nampaknya tengah mempersiapkan sesuatu yg baru di waktu mendatang.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin