Intel Bantah Hentikan Pengembangan Prosesor 10nm

Santa Clara – Sebuah kabar menyebutkan bahwa Intel sudah menghentikan pengembangan dan produksi prosesor dengan fabrikasi terbaru, merupakan 10nm.

Namun, kabar tersebut dibantah oleh Intel yg menyebut bahwa itu hanyalah rumor belaka. Melalui akun Twitter resminya, Intel menyatakan bahwa kabar tersebut tak benar karena proses pengembangan prosesor fabrikasi 10nm mereka masih berjalan baik.
Media reports published today that Intel is ending work on the 10nm process are untrue. We are making good progress on 10nm. Yields are improving consistent with the timeline we shared during our last earnings report.

Sayangnya, rumor tersebut telah kadung membuat penilaian publik dan industri terhadap Intel memburuk. Ditambah lagi dengan fakta bahwa keluarga terbaru prosesor Intel, yakni Generasi ke-9 yg terdiri dari varian model Core i9, masih diproduksi dengan fabrikasi 14nm.

Laporan internal yg berhasil diperoleh situs SemiAccurate menyebutkan bahwa rencana Intel buat menyediakan prosesor fabrikasi 10nm pada tahun depan kemungkinan tak mulai sesuai rencana. Selain itu, produsen microchip itu juga belum mulai fokus buat membuat fabrikasi 7nm.

Sementara itu, kompetitor Intel, merupakan AMD, sudah merilis keluarga prosesor Ryzen Generasi ke-2 2000 Series, yg telah diproduksi dengan fabrikasi 12nm. Sekarang, mereka juga telah memberikan fabrikasi baru berbasis 7nm kepada produsen semikonduktor pihak ketiga merupakan TSMC.

TSMC yg berbasis di Taiwan menjadi pemegang izin produksi ekslusif buat prosesor terbaru iPhone di tahun depan yg juga memakai fabrikasi 7nm.

Sebagai informasi, ukuran fabrikasi mengacu kepada ukuran komponen transistor di sebuah prosesor. Semakin kecil ukuran transistor makin semakin banyak transistor yg dapat dipasang dan menyisakan ruang buat memasang teknologi yang lain di prosesor. Artinya prosesor mulai semakin cepat dan memiliki fitur teknologi beragam.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin