Klaim Apple Dan Huawei Pertama Gunakan Chipset 7nm

Jakarta – Apple menyampaikan bahwa iPhone XS dan XS Max yaitu smartphone pertama dengan pabrikasi 7nm. Namun, sejatinya Huawei telah lebih dahulu launching chipset yang menerapkan arsitektur serupa. Kirin 980 adalah chipset yang dimaksud.

Walau begitu, chip ini dibuat oleh TSMC, yg memproduksi kedua chip. TSMC masuk ke produksi volume dengan teknologi 7nm pada bulan April, dan saingan Samsung bergerak menuju produksi komersial 7nm akhir tahun ini atau di awal 2019.

GlobalFoundries baru-baru ini meninggalkan usahanya bagi mengembangkan proses 7nm, dengan alasan bahwa miliaran dolar investasi tak mulai pernah membayar sendiri.

Dan Intel mengumumkan penundaan dalam kepindahannya ke teknologi manufaktur berikutnya, yg disebut sebagai node 10nm tapi yg mungkin setara dengan teknologi 7nm orang lain.

Chipset A12 Bionic baru dari Apple terdiri dari empat core CPU, enam core GPU, dan delapan core Neural Engine buat menangani tugas-tugas pembelajaran mesin.

Menurut Apple, mesin saraf bisa melakukan 5 triliun operasi per detik –peningkatan delapan kali lipat– dan mengkonsumsi sepersepuluh energi inkarnasi sebelumnya.

Dari core GPU, dua dirancang buat kinerja dan 15 persen lebih cepat dari pendahulu mereka. Empat lainnya dibangun bagi efisiensi, dengan peningkatan 50 persen pada metrik itu. Sistem bisa menetapkan kombinasi ketiga macam inti yg mulai menjalankan tugas dengan sangat efisien.

Chipset Huawei, Kirin 980, diresmikan di IFA 2018 di Berlin pada 31 Agustus 2018. Ini paket 6,9 miliar transistor ke chip satu sentimeter persegi. Perusahaan menyampaikan itu adalah chip pertama yg memakai prosesor berdasarkan Arm’s Cortex-A76, yg 75 persen lebih kuat dan 58 persen lebih efisien dibandingkan dengan pendahulunya A73 dan A75.

Ini memiliki delapan core, dua besar, yg berkinerja tinggi berdasarkan A76, dua yg menengah-kinerja yg juga A76s, dan empat lebih kecil, efisiensi tinggi core berdasarkan desain Cortex-A55.

Sistem ini berjalan dengan variasi arsitektur Arm.LITTLE yg besar, di mana beban kerja yg cepat dan langsung ditangani oleh prosesor besar sementara tugas latar belakang yg berkelanjutan adalah tugas dari si kecil.

Komponen GPU Kirin 980 disebut Mali-G76, dan menawarkan peningkatan kinerja 46 persen dan peningkatan efisiensi 178 persen dari generasi sebelumnya.

Chip ini juga memiliki unit pemrosesan saraf dual-core yg lebih dari dua kali lipat jumlah gambar yg bisa dikenali hingga 4.500 gambar per menit.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin