Klarifikasi, Ponsel Qin Bukan Produksi Xiaomi

Jakarta – Xiaomi membantah bahwa Qin 1 dan Qin 1S yg baru diluncurkan bukanlah ponsel buatan mereka.

“Ponsel Qin 1 dan Qin 1S diproduksi oleh Shenzhen Duoqin Technology Co., Ltd., dan ketika ini ditawarkan di platform crowdfunding milik Xiaomi, yg mana terbuka bagi banyak merek pihak ketiga di luar Xiaomi, di China. Qin 1 dan Qin 1s bukan bagian dari line-up perangkat selular Xiaomi,” demikian informasi resmi Xiaomi kepada

Proyek urun dana buat Qin, kabarnya didukung lebih dari 23 ribu orang dengan total pendanaan 6,5 juta yuan, atau sekitar Rp13,7 miliar.

Meski begitu, Qin 1 dan Qin 1S memakai asisten virtual Xiao Ai punya Xiaomi buat interaksi cerdasnya. Kedua perangkat ini juga dilengkapi kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan telah mendukung jaringan 4G.

Sebelumnya diberitakan bahwa raksasa teknologi China itu mengambil langkah mengejutkan dengan mengumumkan seri feature phone yg diberi nama Qin. Padahal Qin sama sekali bukan produk yg dikembangkan Xiaomi.

Mengutip GSM Arena, Qin 1 adalah ponsel yg lebih simpel dengan chipset MediaTek MT6260A satu inti CPU ARM7, RAM 8MB dan penyimpanan internal atau ROM 16MB.

Selain itu, Qin 1 tak memiliki GPS atau LTE, tapi memiliki kemampuan WiFI dan Bluetooth 4.2. Sistem operasi yg digunakannya diberi nama Nucleus, dan baterai dapat bertahan 15 hari dengan kapasitas 1.480 mAh.

Sedangkan, ponsel Qin 1s memakai chipset Spreadtrum SC9820 dengan dual-core Cortex-A53 dengan clock 1,2 GHz, RAM 256MB dan ROM 512MB.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin