Lei Jun Beberkan Rahasia Xiaomi Bikin Produk Murah

Jakarta – Harga terjangkau yg relatif lebih murah dibandingkan produk sekelas adalah salah satu daya tarik Xiaomi. Pabrikan yang berasal China tersebut memang dikenal dapat menelurkan berbagai gadget dengan harga bersaing. Apa rahasianya?

“Kami milik hubungan erat dengan para pemasok hardware perangkat,” ujar CEO Xiaomi Lei Jun ketika berbicara di dalam acara ‘Sharing with Xiaomi’ di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Maksud Lei Jun, posisi Xiaomi yg sudah tumbuh jadi pabrikan besar memungkinkannya mendapat harga miring dari para pemasok komponen.

Xiaomi, menurut dia, adalah klien ketiga terbesar buat produk-produk chipset bikinan Qualcomm. Namun, salah satu yg terpenting adalah dengan tak segera meraup profit terlalu cepat.

Lei Jun menyampaikan bahwa smartphone Xiaomi tak menghasilkan untung buat perusahaan pada masa-masa awal kehadirannya di pasaran.

Lama-kelamaan, produk yg telah berada di pasar buat beberapa waktu mulai menjadi lebih murah bagi diproduksi. Margin pun meningkat.

Di satu titik, ketika margin profit telah dipandang terlalu tinggi, Xiaomi biasanya mulai memangkas harga jual produk yg bersangkutan menjelang akhir siklus hidupnya di pasaran.

“Kami lakukan penurunan harga ini karena ingin tetap agresif,” kata Lei Jun.

Xiaomi sendiri tumbuh besar dengan menjual produk di level harga cuma sedikit lebih tinggi dibanding biaya produksi. Profit rendah diperoleh dengan menjual aneka macam produk.

Strategi ini terbukti dapat menumbuhkan basis komunitas fans Xiaomi yg loyal terhadap brand.

Tak cukup sampai di situ, Xiaomi juga memotong ongkos penyaluran produk dengan melakukan pemasaran online secara eksklusif selama periode tertentu. Margin peritel dan distributor pun mampu dihilangkan dari komponen biaya.

“Dengan mengambil untung 0 persen dari segi hardware, selanjutnya dalam 5 tahun pembentukan perusahaan kalian mengeluarkan 0 persen profit. Kami juga potong 0 persen budget buat marketing jadi kalian mengejar bagian marketing dan iklan,” papar Lei Jun.

Xiaomi memang kerap melakukan strategi flash sale secara online pada ketika launching produk baru di sebuah wilayah pasar, termasuk Indonesia.

Yang terbaru, smartphone seri Mi A1 besutan perusahaan itu juga bersiap dijual akan 2 Oktober di toko online Lazada dan mulai tersedia di toko ritel pada 6 Oktober mendatang.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin