Lima Fitur Penting Dari Android P

Mountain View – Android P sepertinya menjadi salah satu update sistem operasi mobile milik Google yg paling penting. Tak cuma mengubah tentang cara penggunaan Android, tetapi juga mengubah bagaimana pengguna berinteraksi dengan smartphone.

Fokus Google dalam Android P adalah membuat smartphone tidak mengganggu konsentrasi pengguna dan memberikan kembali kendali pada pengguna terkait berapa banyak waktu yg mereka habiskan buat memakai smartphone.

Berikut lima fitur paling utama dari Android P seperti dilansir The Verge:

1. Batasan waktu

Ada banyak fitur baru di Android P. Salah satu fitur yg paling menarik adalah batasan waktu. Google mulai memamerkan pada Anda berapa lama Anda menghabiskan waktu buat masing-masing aplikasi.

Tak cuma itu, Anda juga mulai dapat memasang batas waktu berapa lama Anda mulai mampu memakai aplikasi tersebut.

Dengan fitur ini, Anda dapat membatasi penggunaan sebuah aplikasi, menjadi 15 menit atau 1 jam misalnya. Setelah durasi maksimal sebuah aplikasi habis, ikon aplikasi mulai berubah warna menjadi abu-abu.

Ketika Anda berusaha bagi mengaktifkannya, Android tak mulai mengaktifkan aplikasi itu. Tidak ada tombol khusus bagi menghiraukan batasan waktu yg sudah Anda pasang.

Memang, Anda masih mampu memakai sebuah aplikasi seandainya terpaksa. Namun, bagi itu, Anda harus menonaktifkan batasan waktu yg sudah Anda pasang.

Google menyebut bahwa mereka mungkin mulai mengubah cara kerja dari fitur ini. Mereka juga menyampaikan tengah menguji fitur yg memungkinkan Anda buat membuat layar smartphone menjadi hitam dan putih pada jam tidur Anda.

2. Notifikasi lebih sedikit

Notifikasi memiliki peran utama dalam smartphone. Namun, notifikasi juga mampu mengganggu. Google berusaha bagi membuat agar notifikasi tak lagi menyita terlalu banyak perhatian Anda.

Caranya, Android mulai menyarankan Anda bagi menonaktifkan notifikasi aplikasi seandainya Anda kadang mengacuhkan notifikasi.

Google juga membuat mode Do Not Disturb menjadi semakin efektif. Ketika mode ini dalam kondisi aktif, Anda dapat membuat agar notifikasi sama sekali tak tampil pada layar. Anda juga mulai dapat mengaktifkan mode ini dengan meletakkan ponsel dengan layar menghadap meja.

3. Navigasi gerakan

Lebih dari enam tahun berlalu sejak Google terakhir membuat fitur baru tentang cara Anda memakai Android. Sejak 2011, Android milik tiga tombol utama merupakan back, Home dan multitasking.

Di Android P, Google mulai mengubah skema ini. Nantinya, Anda cuma mulai bisa melihat tombol Home. Untuk melakukan multitasking, Anda dapat mengusap ke arah atas atau kanan. Sementara tombol back hanya dapat Anda gunakan saat Anda memakai aplikasi.

Di satu sisi, hal ini mulai membuat Android menjadi kelihatan semakin rumit, terutama buat orang-orang yg tak terlalu terbiasa memakai smartphone. Namun, hal ini mulai membuat sistem operasi Google menjadi lebih fleksibel. Selain itu, hal ini juga memperluas ruang kosong pada layar.

4. Edit screenshot

Pada Android P, Anda mulai mampu mengedit screenshot setelah mengambilnya tanpa harus masuk ke aplikasi pengedit gambar terlebih dulu.

5. Hasil pencarian yg lebih baik

Anda mampu melakukan pencarian pada smartphone. Sebelumnya, saat Anda mencari aplikasi, Anda cuma mulai disajikan ikon dari aplikasi tersebut. Nantinya, pada Android P, Anda juga mulai melihat menu terkait apa yg mampu Anda lakukan di dalam aplikasi.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin