Muslim GO Hadirkan Alquran Digital Bersertifikat

Jakarta – Kemajuan digital memungkinkan umat Muslim mendapatkan layanan keagamaan dan paduan lengkap di dalam genggaman smartphone-nya, salah satunya dengan aplikasi Muslim GO.

Nah, baru-baru ini, Muslim GO bekerja sama dengan Kementrian Agama Republik Indonesia merilis font Mushaf Alquran Standar Indonesia di aplikasinya.

Mushaf Alquran Standar Indonesia adalah Mushaf Alquran yg dibakukan cara penulisan teks, harakat, tanda baca dan tanda waqafnya sesuai dengan hasil yg dicapai Musyawarah Kerja Ulama Ahli Alquran Lembaga Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran dari Kemenag.

“Sebelumnya kita melakukan riset dulu. Dan salah satu hasil riset yg dikerjakan peneliti lembaga ini adalah font mushaf nasional standar Indonesia. Mushaf ini telah dibakukan, dan disesuaikan dengan para pembaca non-Arab agar memudahkan pembaca Indonesia,” jelas Muchlis Hanafi, Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Kemenag, di Bayt Alquran dan Museum Istiqlal Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Lajnah Pentashihan yaitu lembaga yg bertugas mentashih (memeriksa atau mengoreksi) setiap lembaran yg berisi tulisan Alquran. Muchlis mengaku, pihaknya senang sekali dapat bekerja smaa dengam Muslim GO.

“Karena keterbatasan dana, font ini cuma dapat dicetak terbatas. Kalau telah ada di aplikasi begini, segala orang jadi gampang bagi mengaksesnya,” tambah Muchlis.

Konten yg dihadirkan aplikasi ini murni fokus pada ajaran akidah Islam, bukan kepentingan lain, agar pengguna dapat khusyuk ketika menggunakan Muslim GO.

Muslim GO juga bekerja sama dengan media-media Muslim seperti Bincang Syariah bagi menyediakan konten Islami.

Muslim Go memiliki fitur-fitur dan konten-konten yg menolong ibadah umat Muslim, seperti arah kiblat, Alquran digital, bacaan doa sehari hari, direktori masjid dan restoran hallal terdekat, dan yang lain lain. Kedepannya, aplikasi ini diharapkan dapat dinikmati oleh muslim semua dunia.

“Ya, China, Pakistan, India, kita sedang mencoba kembangkan yg nantinya buat dibuat berbagai jenis bahasa agar lebih mampu diakses lagi umat muslim diseluruh duniaku,” ujar Jarot Utomo, Marketing Manager Muslim GO Indonesia.

Aplikasi ini juga didukung penuh oleh Ustadz Yusuf Mansur. Dia memberikan apresiasi untuk kolaborasi antara Muslim GO dan pihak pemerintah.

“Senang sekali mampu ada font milik sendiri (dari peneliti Lajnah Kemenag). Ke depannya, semoga kalian bersama-sama mengembangkan konten dan membuat paket premium supaya tak ada iklan mengganggu, dan semoga program ini dapat mandiri,” ucap Yusuf Mansur.

Alquran, menurut Yusuf Mansur, yaitu kitab suci yg diturunkan kepada siapa dan bagi apa saja. Yusuf Mansur meyakini kandungan dalam Alquran mulai membawa masa depan yg lebih baik. Karenanya, Yusuf Mansur mengajak umat Islam buat memperbanyak membaca Alquran.

Dia pun menyambut baik aplikasi Muslim GO karena bisa menolong menyebarkan Alquran kepada masyarakat. Karena Alquran bisa menjadi penuntun manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Pengaruh Alquran terhadap kehidupan manusia dirasakan sendiri oleh Yusuf Mansur. Dalam perjalanan karirnya sebagai pengusaha, tidak lepas dari peran Alquran hingga ketika ini.

“Rahasia sukses aku dengan bangga menyebut dari Alquran,” ujar Yusuf Mansur.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin