Nokia Catat Performa Memukai Sepanjang 2017

San Francisco – Meski baru setahun ‘comeback’ ke bisnis ponsel dunia, Nokia yg kini di bawah naungan HMD Global, sudah memperlihatkan tajinya dengan performa bisnis memukau sepanjang 2017.

Pada periode Q4 2017, Nokia bisa berada di posisi ke-11 daftar vendor smartphone terbesar di dunia. Pabrikan yang berasal Finlandia itu menjual 4,4 juta unit smartphone selama tiga bulan, mengalahkan beberapa pemain mapan seperti Google, HTC, ASUS, dan OnePlus.

Mengutip Android Authority, apabila angka penjualan smartphone dan feature phone-nya digabungkan, Nokia menduduki peringkat ke-6 produsen ponsel dunia dengan pangsa pasar 5 persen. AIni berarti Nokia berhasil menempel OPPO yg menduduki peringkat ke-5 dengan pangsa pasar 6,8 persen.

Raihan ini tentu membanggakan buat perusahaan, mengingat Nokia baru saja kembali ke percaturan industri ponsel setahun belakangan. Firma analis Counterpoint mencatat beberapa faktor yg berkontribusi terhadap performa Nokia ini.

Menurut Counterpoint, Nokia memiliki portofolio produk yg lengkap mencakup segala segmen harga. Selain itu, ada juga sisi nostalgia dari kejayaan masa dulu Nokia yg masih membayangi konsumen.

Angka pengapalan smartphone Nokia dari kuartal ke kuartal juga memperlihatkan peningkatan hampir dua kali lipat. Pada Q2 2017, Nokia menjual 1,5 juta unit smartphone. Kemudian di Q3 dan Q4 2017, Nokia secara berurutan menjual 2,8 juta dan 4,4 juta unit smartphone.

Sedangkan pada segmen feature phone, Nokia mendominasi pasar dengan penjualan 20,7 juta unit selama tiga bulan terakhir di 2017.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin