Nokia Sepakati Lisensi Paten Dengan Huawei

Helsinki – Nokia Corp sudah menandatangani perjanjian lisensi paten multi-tahun dengan Huawei Technologies Co pada hari Kamis (21/12/2017).

Rincian kesepakatan itu bersifat rahasia, namun Nokia mulai mengungkapkan total pendapatan lisensi patennya dalam laporan keuangan kuartalannya.

Pendapatan dari perjanjian tersebut mulai akan diakui pada kuartal keempat tahun 2017, termasuk unsur pendapatan yg tak berulang, dengan tambahan pendapatan yg diharapkan selama masa perjanjian.

Nokia memperoleh 474 juta euro atau sekitar Rp7,6 triliun dari penjualan paten dan lisensi merek pada kuartal ketiga 2017, mewakili sekitar 8,6 persen dari total penjualan grup.

Pendapatan dari bisnis perizinannya sudah memainkan peran yg semakin utama untuk Nokia, menolong mengimbangi penurunan penjualan dalam bisnis jaringan yg sangat kompetitif.

Dalam laporan kuartalan terakhirnya, CEO Nokia Rajeev Suri menyampaikan bahwa perizinan adalah fokus untuk perusahaan karena menikmati momentum yg sangat baik dan memiliki kesempatan yg cukup besar buat dikembangkan lebih lanjut pada tahun 2018 dan seterusnya.

Huawei memiliki pangsa 9,5 persen dari pasar smartphone global pada kuartal ketiga tahun ini, menurut data terbaru yg tersedia dari firma riset Gartner. Hanya Samsung Electronics Co Ltd dan Apple Inc memiliki pangsa yg lebih tinggi.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin