OPPO R13, Ponsel Pertama Dengan Snapdragon 670?

San Francisco – OPPO R13 dan R13 Plus kabarnya bakal menjadi smartphone pertama di dunia yg mengusung chipset Snapdragon 670 besutan Qualcomm.

Menilik rekam jejaknya, OPPO R11 dan R11 Plus yg yaitu pendahulu dari OPPO R13 dan R13 Plus, juga diluncurkan sebagai smartphone pertama di dunia yg menggunakan Snapdragon 660. Chipset tersebut buat smartphone kelas menengah, tapi mendukung custom core Kyro dengan arsitektur 64-bit, ala chipset premium.

Mengutip Phone Arena, Snapdragon 670 sendiri belum dirilis resmi, tapi bocoran spesifikasinya telah ramai beredar di dunia maya. Tampaknya chipset tersebut bakal jadi yg pertama di kelas menengah dengan pemrosesan 10nm FinFET.

Pemrosesan tersebut biasanya ditemukan pada chipset seri high-end, Snapdragon 800. Sebagai perbandingan, chipset Snapdragon 845 teranyar dan Exynos 9810 juga dibangun dengan teknologi 10nm FinFET.

Menurut bocoran, Snapdragon 670 memadukan enam inti CPU Cortex-A55 yg super efisien dan dua inti CPU Cortex-A75 bagi performa garang. CPU-nya sendiri didukung GPU Adreno 615 dan modem Qualcomm Gigabit.

Pada pengujian benchmark di Geekbench, Snapdragon 670 meraup skor 1845 buat single-core dan 5215 bagi multi-core.

Selain dapur pacunya, desain OPPO R13 dan R13 Plus sudah banyak dibicarakan. Keduanya dilaporkan mulai mengusung layar full-screen dengan notch –atau layar yg bingkai atasnya menjorok ke dalam– serupa iPhone X.

Fitur pemindai sidik jari yg sudah terintegrasi di layar pun kabarnya mulai tersemat pada OPPO R13 dan R13 Plus. Demikian pula dengan fitur pengenal wajah sebagai otentikasi keamanan tambahan, rumornya bakal hadir di duo smartphone kelas menengah besutan OPPO itu.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin