Pengguna IPhone Bisa Laporkan Panggilan Dan Spam

San Francisco – Apple mengumumkan fitur baru yg memungkinkan pengguna iPhone berbasis iOS 12 bagi melaporkan panggilan dan pesan teks spam, atau memblokir nomor ponsel melalui aplikasi pihak ketiga.

Mengutip 9to5Mac, pengembang aplikasi pemblokir nomor ponsel tersebut juga mulai dapat membuat ekstensi aplikasi yg menambahkan opsi bernama ‘Unwanted Communications’ pada aplikasi Settings.

Opsi ini mulai mampu diaktifkan secara manual oleh pengguna buat bisa melaporkan panggilan telepon atau pesan teks yg tak diinginkan.

Dengan aktifnya opsi tersebut, pengguna mampu melaporkan panggilan telepon tertentu pada tab Recent dengan mengusap ke arah kiri dan mengetuk pilihan Report.

Untuk melaporkan SMS spam, pengguna perlu menekan tombol Report Messages ketika muncul pada transkrip Messages.

Cara yang lain buat melaporkan pesan adalah dengan menekannya selama beberapa saat, pilih pesan tambahan dan klik Report Messages.

Saat panggilan telepon atau pesan SMS dilaporkan, aplikasi mulai launching ekstensinya bagi menghimpun lebih banyak keterangan dari pengguna dan kemudian menentukan nomor perlu dilaporkan atau diblokir.

Nomor yg sudah diblokir mulai muncul pada daftar Blocked Contact di perangkat, yg bisa dikelola oleh pengguna di aplikasi Settings.

Kemampuan buat melaporkan pesan teks atau panggilan telepon spam ini sudah merupakah fitur yg diminta oleh Telecom Regulatory Authority of India (TRAI).

Badan regulasi telekomunikasi India ini launching aplikasi pihak ketiga pada tahun 2016 lalu, memungkinkan pengguna perangkat Android bagi melaporkan komunikasi yg tak diinginkan.

Apple menolak bagi mengizinkan aplikasi ini digunakan oleh pengguna iPhone, dengan mencegah TRAI memperoleh akses ke daftar panggilan dan pesan, guna melindungi pelanggannya.

Apple sudah menghadirkan akses pada iOS 12, memungkinkan pengembang buat menciptakan aplikasi yg mulai menolong menyelesaikan permasalahan ini.

Fitur baru tersebut sangat dibutuhkan di India, lokasi konsumen di negara tersebut menerima lima hingga 10 panggilan telepon dan pesan teks spam per hari.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin