Penjualan Galaxy S9 Turun, Samsung Masih Raih Laba

Seoul – Dalam laporan keuangan terbaru, Samsung mengungkap bahwa keuntungan operasional mereka naik 6 persen. Ini adalah pertumbuhan laba paling rendah dalam setahun yg dialami oleh raksasa teknologi yang berasal Korea Selatan tersebut.

Sementara itu, pendapatan Samsung naik 4 persen berkat tingginya permintaan mulai chip memori mereka, yg digunakan di berbagai perangkat, akan dari smartphone sampai server.

Laporan keuangan Samsung memamerkan bahwa permintaan mulai smartphone anyar Galaxy S9 dan Galaxy S9+ akan mengalami penurunan. Hal ini berdampak pada pendapatan divisi mobile Samsung, yg turun 22 persen menjadi 22,67 triliun won atau sekitar Rp292,83 triliun.

Samsung juga menyampaikan bahwa keadaan pasar mulai tetap ‘menantang’ pada paruh kedua tahun ini karena ketatnya kompetisi.

Beberapa kuartal belakangan, pertumbuhan pasar smartphone memang akan melambat. Para produsen smartphone semakin kesulitan bagi memberikan fitur baru yg membedakan produknya dengan produk pesaing. Harga smartphone juga selalu naik.

Penurunan penjualan smartphone ini tak mengejutkan. Para analis sudah menduga bahwa penjualan smartphone Samsung mulai menurun pada kuartal ini.

April lalu, Samsung menyampaikan bahwa bisnis smartphone mereka mulai mengalami penurunan akibat penjualan model premium yg stagnan di tengah rendahnya tuntutan konsumen dan naiknya biaya pemasaran.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin