Peredaran Smart Speaker Segera Capai 100 Juta Unit

San Francisco – Pengapalan smart speaker atau speaker pintar secara global mencapai jumlah tertinggi pada kuartal ketiga 2018. Perangkat ini disebut sudah dipasarkan sebanyak 22,7 juta unit di semua dunia, pada periode Juni hingga September lalu.

Mengutip Phone Arena, jumlah tersebut meningkat sebesar 197 persen, seandainya dibandingkan dengan total pendistribusian pada periode yg sama di tahun lalu. Basis pengiriman global juga dilaporkan bertumbuh pesat.

Pertumbuhan itu mengindikasikan bahwa semakin banyak konsumen yg membeli Amazon Echo, Google Home, Apple HomePod, dan produk speaker pintar lainnya, bagi pertama kalinya. Secara keseluruhan, industri yg meluas ini diperkirakan mulai mencapai 100 juta ini pada November ini.

Selain itu, jumlah speaker pintar yg dibeli dan digunakan oleh konsumen juga diprediksi mulai melebihi 125 juta unit setidaknya pada akhir tahun 2018 ini.

Apabila prediksi jumlah 100 juta unit tersebut akurat, speaker pintar mulai meraih pencapaian tertingginya seandainya dibandingkan dengan teknologi perangkat konsumer yang lain yg diluncurkan selama 10 tahun terakhir.

Hal ini berarti perangkat tersebut secara resmi menjadi perangkat teknologi terpopuler sejak smartphone pertama kali diluncurkan.

Amazon dilaporkan masih memimpin pada daftar speaker pintar terpopuler selama kuartal ketiga 2018 ini.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Amazon Echo didistribusikan sebanyak 7,2 juta unit selama kuartal ketiga tahun 2018, memberikannya pangsa pasar sebesar 31,6 persen. Jumlah ini juga dilaporkan meningkat sebesar 45 persen seandainya dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Namun, speaker pintar besutan Apple, HomePod, dilaporkan mengalami peningkatan jumlah unit yg terjual, dari 700 ribu unit menjadi 1,1 juta unit.

Sementara itu, Google dengan Google Home-nya masih menjadi pesaing penting Amazon, dengan pendistribusian sebanyak 5,2 juta unit.

Jumlah tersebut memberikannya pangsa pasar sebesar 22,7 persen, meningkat dari periode April hingga Juni 2018 lalu, dengan jumlah sebesar 3,2 juta unit dan pangsa pasar sebesar 27,6 persen.

Alibaba, Baidu, dan Xiaomi turut menjadi pesaing bagi raksasa teknologi tersebut, serta menolong China menjadi pasar terbesar kedua di dunia buat speaker cerdas setelah AS.

Pendistribusian regional China diperkirakan mulai mengalami peningkatan tahunan secara signifikan, sebanyak 12 kali lipat, selama tahun 2018 ini.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin