Qualcomm Hadirkan Chipset Khusus AR Dan VR

San Diego – Qualcomm resmi launching chipset XR1 yg khusus diperuntukan buat perangkat Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Idealnya, chipset baru ini mulai menolong berbagai vendor bagi membuat perangkat AR dan VR kelas pemula dengan harga lebih terjangkau. Diperkirakan, perangkat baru tersebut mulai diluncurkan pada akhir tahun ini atau pada awal tahun depan.

Keputusan Qualcomm bagi membuat chipset khusus AR/VR memang mampu membuat industri ini berkembang. Namun, chipset anyar itu diakui tak memiliki performa terbaik.

Qualcomm menyebut, chipset untuk smartphone kelas flagship saat ini, yakni Snapdragon 845, masih menjadi pilihan yg lebih baik buat perangkat AR dan VR.

Chipset XR1 dibuat buat perangkat yg lebih sederhana, perangkat yg dibuat dengan tujuan bagi menonton video dengan lebih realistik dan bukannya bagi bermain game.

Qualcomm menjelaskan, perangkat berbasis XR1 dibuat bagi menonton video 360 derajat dan bukan bagi mendeteksi skala ruangan.

Perangkat dengan dapur pacu XR1 memiliki ‘controller sederhana’ dan bukannya controller yang mampu melacak gerakan tangan. Meski demikian, chipset baru ini telah mendukung layar dengan resolusi 4K pada 60fps, perintah suara dan controller yang mendeteksi enam arah gerakan tangan.

Industri AR/VR mulai menjadi menarik seandainya Qualcomm menetapkan buat mengembangkan chipset khusus AR/VR premium di kemudian hari. Dengan demikian, perangkat yg memakai chipset tersebut mulai mampu menyediakan fitur AR/VR yg lebih canggih, demikian lansir The Verge. [ikh]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin