Ransomware Juga Bisa Digunakan Untuk Serang Robot

New York – Sebuah program jahat yg menginfeksi perangkat dan meminta pengguna buat memberi uang sebagai tebusan, tidak cuma mengancam komputer dan perangkat mobile. Kini, ransomware itu juga mampu menargetkan robot.

Para peneliti di perusahaan keamanan IOActive sudah sukses menyerang robot humanoid buatan SoftBank Robotics, NAO, dengan memakai ransomware.

NAO dan robot Pepper didesain bagi digunakan di sekolah dan perusahaan. Keduanya dilengkapi dengan kamera dan mikrofon. Biasanya, robot-robot ini digunakan di ruang kelas, toko atau kantor buat menolong ptamu yg datang, demikian lapor CNN.

Setelah menyelipkan ransomware ke robot, para peneliti dapat membuat robot itu meminta tebusan Bitcoin. Para peneliti juga dapat mengubah sistem robot dan tingkah lakunya, membuat robot tersebut mengatakan ancaman pada pemiliknya.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa serangan ini dapat digunakan bagi mencuri data yg tersimpan pada robot, membuat robot mengucapkan kata-kata kasar atau menampilkan konten kontroversial seperti pornografi seandainya robot itu memang dilengkapi dengan layar.

Ransomware yang menyerang robot adalah ancaman yg nyata dengan potensi kerugian ekonomi yg besar bagi para pelaku bisnis —ransomware ini bahkan lebih berbahaya dari ransomware biasa,” tulis para peneliti dalam laporan yg mereka publikasikan pada akhir minggu kemarin.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin