Samsung Akuisisi Kngine, Startup AI Asal Mesir

Seoul – Samsung dilaporkan sudah mengakuisisi Kngine, startup yang berasal Mesir yg terfokus pada ide menciptakan kecerdasan buatan (AI) bagi mempelajari dan bertingkah laku serupa manusia.

Kngine mengembangkan teknologi AI dengan kemampuan serupa manusia, memungkinkannya buat menjawab pertanyaan setelah mempelajari keterangan dari membaca dokumen, buku, melakukan pencarian di situs dan lainnya.

Mesin ini berfungsi dalam fase, pertama dengan memproses pertanyaan, kemudian menjabarkannya ke dalam sub pertanyaan dan merangkai rencana jawaban.

Selanjutnya, mesin ini menyusun jawaban yg ditemukan berdasarkan peringkat, menampilkan jawaban yg paling sesuai buat pengguna.

Menariknya, Samsung sudah berinvestasi pada Kngine pada 2014 lalu, bersamaan dengan Vodafone Ventures Egypt.

Akuisisi Kngine terjadi pada tahun 2017 lalu, melalui Samsung Research America, mitra Samsung yg mengakuisisi 100 persen saham di Kngine.

Namun, keterangan detail yang lain terkait dengan akusiisi ini masih dirahasiakan, dan Samsung masih enggan buat memberikan tanggapan resmi terkait keterangan ini.

Sebenarnya Kngine bukanlah perusahaan AI pertama yg diakuisisi Samsung. Baru-baru ini, Samsung juga sudah mengakuisisi Fluenty, perusahaan pengembang solusi komunikasi berbasis AI atau chatbot, dan berinvestasi pada Reactor Labs yg juga bergerak di ranah pengembangan teknologi kecerdasan buatan.

Raksasa teknologi Korea Selatan itu juga mempekerjakan Larry Heck, sosok yg bertanggung jawab bagi pengembangan Google Assistant dan Microsoft Cortana.

Samsung diperkirakan mulai mengerahkan upaya maksimal pada Bixby 2.0, yg mulai tersedia di perangkat Galaxy Note 9 yg bakal rilis tahun ini.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin