Samsung Bakal Bikin GPU Sendiri

Seoul – Samsung kabarnya berencana buat membuat prosesor pengolah grafis (GPU) sendiri.

Meski telah memiliki chipset buatan sendiri, namun Samsung hingga ketika ini masih bergantung pada ARM and Imagination bagi menyediakan pengolah grafis pada smartphone besutan mereka. Oleh karena itu, raksasa teknologi Korea Selatan ini berencana buat membuat GPU mereka sendiri.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Samsung merekrut seorang mantan petinggi Nvidia guna mengembangkan GPU tersebut. Adalah Chien Ping Lu yg ditarik Samsung buat memimpin proyek ini. Nantinya, GPU tersebut mulai bernama SGPU alias Samsung GPU.

Penelitian SGPU sendiri telah dimulai di markas pusat Samsung di Suwon, Korea Selatan. Di sana, penelitian dikerjakan dengan menganalisa desain VLIW (Very Long Instruction Word), di mana prosesor dapat menjalankan instruksi secara paralel.

Hal ini berujung pada peningkatan performa sebuah perangkat digital. Desain ini dikatakan sangat baik digunakan bagi pengolahan grafis, termasuk juga dukungan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Chien Ping Lu atau yg kerap disapa CP bukan ‘orang biasa’ dalam dunia pengolahan grafis. Dia memiliki banyak paten terkait GPU dan pembelajaran mesin. Tak cuma itu, dia juga yaitu salah satu orang utama di NovuMind yg fokus dalam mengembangkan chip AI.

Meski demikian, belum ada kepastian kapan Samsung mulai resmi merilis SGPU. Masih belum diketahui juga, smartphone apa yg pertama kali mulai mengadopsi prosesor pengolah grafis ini.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin