Samsung Siap Produksi Chipset Untuk Galaxy S9

Seoul – Samsung menyampaikan bersiap buat akan memproduksi chip secara massal dengan memakai proses 8nm Low Power Plus.

Proses tersebut mengisi celah antara proses 10nm, yg digunakan tahun dahulu dan sebagian besar tahun ini, dan proses 7nm yg diharapkan bisa digunakan pada 2018.

Samsung menyampaikan bersiap buat meningkatkan hasil produksi ke tingkat yg stabil berkat evaluasi dari produksi chip 10nm.

Dilansir dari laman Phone Arena, selama musim panas, sudah ada pembicaraan bahwa Samsung Galaxy S9 kemungkinan mulai didukung oleh chipset Exynos yg diproduksi dengan proses 8nm LPP.

Dibandingkan dengan chip Low Power Plus 10nm, 8nm LLP menempati area 10 persen lebih sedikit di dalam perangkat, dan pada ketika bersamaan mengkonsumsi daya 10 persen lebih sedikit yg menghemat daya baterai.

Samsung mengandalkan Qualcomm sebagai klien, dan VP Senior Qualcomm RK Chunduru menyampaikan bahwa 8nm LLP mulai langsung akan diluncurkan dari jalur perakitan karena prosesor tersebut memakai jalur 10nm bagi produksi. Meskipun gampang dibuat, chip 8nm LPP mengungguli komponen yg dibuat dengan menggunkan proses 10nm.

Samsung mulai merilis peta jalan yg mengungkapkan ketersediaan chip 8nm LPP dan 7nm EUV selama acara Samsung Foundry Forum Europe yg sedang berlangsung di Munich.

EUV bagi proses 7nm yaitu singkatan dari Extreme Ultaviolet teknologi litografi yg digunakan Samsung. Teknologi ini menciptakan desain sirkuit terpadu yg ditemukan pada chip mikroprosesor.

GlobalFoundries mulai launching chip yg diproduksi memakai 7nm pada paruh pertama 2018 dengan jalur perakitan yg mempercepat kecepatan pada paruh kedua tahun ini. Chip tersebut kabarnya tak mulai muncul di perangkat mobile sampai 2019.

“Dengan kualifikasi yg sudah diselesaikan tiga bulan lebih cepat dari jadwal, kalian sudah memulai produksi 8LPP. Samsung Foundry selalu memperluas portofolio bagi memberikan keunggulan kompetitif dan kemampuan manufaktur yg sangat baik berdasarkan apa yg dibutuhkan oleh pelanggan dan pasar kami,” ujar Ryan Lee, VP of Foundry Marketing, Samsung Electronics.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin