Samsung Siapkan Antarmuka Baru Bernama One UI

San Francisco – Selain menunjukkan smartphone layar lipat perdananya, gelaran Samsung Developer Conference (SDC) 2018 juga dimanfaatkan Samsung buat mengumumkan rencana peluncuran antarmuka Android baru buat smartphone mereka.

Mengutip Endgaget, antarmuka yg dinamai One UI ini menawarkan desain simpel yg mulai membuat mata para pengguna tertuju pada ‘apa yg penting’.

Antarmuka ini adalah suksesor dari Samsung Experience, yg yaitu penerus dari TouchWiz, nama antarmuka pertama Samsung.

Baca juga: Samsung Pamer Smartphone Layar Lipat di SDC 2018

Salah satu fitur penting dari One UI ini adalah ‘Focus Blocks’ yg mulai mengelompokkan aplikasi-aplikasi serupa sehingga mereka lebih gampang bagi ditemukan.

Mengingat Samsung memiliki banyak smartphone dengan layar besar, seperti Galaxy S9+ dan Galaxy Note 9, antarmuka ini juga mulai memudahkan pengguna buat memakai smartphone berlayar lebar.

Salah satu contoh aplikasi yg Samsung pamerkan di atas panggung SDC 2018 adalah aplikasi Messages. Pada aplikasi itu, sepertiga dari layar mulai menjadi bagian ‘viewing area’ sementara sisanya adalah ‘interaction area’.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dengan demikian, pengguna smartphone dengan One UI dapat mengetuk pesan pada bagian bawah dan pratinjau pesan mulai muncul pada bagian atas layar.

Baca juga: Samsung Juga Pamer Desain Layar ‘Poni’ di SDC 2018

Salah satu perubahan yang lain adalah tombol ‘share’ yg kini diletakkan di bagian bawah layar sehingga lebih gampang dicapai oleh pengguna.

Samsung juga mulai menambahkan ‘Night Mode’, yg memakai latar belakang berwarna hitam sehingga pengguna mampu membaca dengan lebih nyaman pada malam hari.

Antarmuka baru Samsung ini juga dapat menyesuaikan warna tema dengan warna perangkat. Misalnya, Anda memiliki Galaxy Note 9 berwarna ungu, maka Anda mampu memilih warna tema yg sama.

Selain itu, masih belum diketahui perubahan apa lagi yg mulai Samsung terapkan pada antarmuka barunya tersebut. Raksasa teknologi Korea Selatan itu mengklaim bahwa mereka sudah merombak desain buat memudahkan pengguna menjangkau apa yg mereka mau.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin