Sensor Sidik Jari Di Layar Smartphone Segera Hadir

San Francisco – Tren layar bezel-less di kalangan produsen smartphone membuat posisi pemindai sidik jari tergeser ke sisi belakang atau digantikan oleh teknologi biometrik lain, seperti Face ID pada iPhone X.

Hal tersebut sebenarnya lebih dikarenakan belum tersedianya teknologi pemindai sidik jari yg menyatu dengan layar perangkat. Namun, keterbatasan itu sepertinya bakal langsung berlalu.

Pasalnya, smartphone pertama yg memakai pemindai sidik jari di layar dikabarkan mulai muncul dan dipamerkan dalam ajang CES 2018, pada Januari mendatang.

Informasi tersebut tiba dari Synaptics, vendor yg mengembangkan optical in-display fingerprint sensor Clear ID FS9500. Alat pemindai sidik jari yg mampu disatukan dengan layar itu disebut telah akan diproduksi massal.

Menurut Synaptics, mulai ada satu produsen besar yg mulai mengumumkan smartphone dengan teknologi Clear ID buatan mereka. Perangkat ini mulai memiliki pemindai sidik jari yg menyatu dengan layar.

Sayangnya, Synaptics belum mau membeberkan nama dari produsen tersebut, meskipun banyak pengamat meyakini seandainya Samsung lah yg mulai membenamkan teknologi ini ke dalam flagship generasi terbarunya, Galaxy S9.

Dibuat khusus buat smartphone berlayar bezel-less, Synaptics mengklaim sensor Clear ID besutan mereka bekerja dua kali lebih cepat ketimbang pengenalan wajah secara 3D ala Face ID.

In-display fingerprint sensor Clear ID diaktifkan di layar cuma saat dibutuhkan. Pengguna mampu membuka kunci perangkat dengan aman dalam berbagai situasi, seperti saat perangkat berada di meja, dari sudut manapun, atau saat terpasang di kendaraan dengan car mount,” sebut Synaptics seperti dilansir Engadget.

Karena tersembunyi di balik layar, Synaptics mengklaim sensor Clear ID tahan lama, antigores, dan antiair. Pengguna juga mampu melakukan pemindai sidik jari meskipun jari dalam kondisi basah atau dingin.

“Dengan industri yg kini bergeser ke layar bezel-free OLED, penempatan paling natural untuk pemindai sidik jari adalah di layar perangkat itu sendiri,” ujar Kevin Barber, Senior Vice President yg juga General Manager divisi mobile Synaptics.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin