Smartphone ‘Notch’ Huawei Terlaris Saat Ini

Taipei – Terinspirasi dari desain iPhone X, keberadaan ‘notch’ alias poni pada smartphone kini tengah menjadi sebuah tren. Para produsen smartphone seakan berlomba-lomba membuat perangkat dengan desain seperti itu demi mengikuti tendensi pasar.

Lalu siapakah produsen yg berhasil membuat smartphone berponi terlaris? Berdasarkan data dari firma riset Sigmaintell Consulting, Huawei lah yg memiliki angka penjualan smartphone dengan ‘notch’ terbesar selama paruh 2018.

Produsen yang berasal China ini menjual sebanyak 25,4 juta unit smartphone berponi mengalahkan sang pionir Apple, OPPO, Vivo, dan Xiaomi.

Mengutip Digitimes, secara keseluruhan selama paruh pertama 2018 ini ada sebanyak 86,1 juta unit smartphone dengan ‘notch’ yg terjual. Artinya, Huawei berhasil menjual lebih dari 25 persen dari total keseluruhan.

Sedangkan Apple sebagai produsen yg paling pertama memerkenalkan ‘notch’ pada produk iPhone X-nya, berada di peringkat kedua dengan penjualan sebanyak 20,7 juta unit hingga pertengahan 2018 ini.

Jika berkaca dari jumlah produk yg diusung, memang terbilang wajar seandainya angka penjualan Huawei berada di atas Apple. Pasalnya, Huawei didukung beberapa seri smartphone yang memiliki ‘notch’, ditambah dengan anak usahanya, yakni Honor, yg turut menyumbang angka penjualan.

Berbeda dengan Apple yg sampai ketika ini cuma memiliki satu smartphone berponi yakni iPhone X. Itu pun harganya berada di atas rata-rata, tidak seperti Huawei yg memiliki rentang harga berbeda-beda.

Selain itu, kedua brand ini mampu memertahankan angka penjualan mereka di tengah-tengah pasar smartphone global yg kian menurun.

Menurut Sigmaintell Consulting, jumlah smartphone yang terjual hingga pertengahan 2018 diperkirakan sebanyak 604 juta unit. Angka ini turun 3,3 persen dari periode yg sama di tahun lalu.

Pada kuartal II (Q2) 2018, Huawei juga menorehkan catatan impresif. Mereka berhasil menggeser Apple sebagai produsen dengan jumlah pengapalan smartphone tertinggi kedua di dunia.

Berdasarkan data Canalys, Huawei tercatat berhasil mengapalkan 54 juta unit selama kuartal kedua tahun ini. Raihan ini di belakang Samsung yg berada di peringkat pertama dengan pengapalan 73 juta unit.

Sedangkan Apple sejauh ini ‘cuma’ berhasil mengapalkan 41 juta unit smartphone dan menduduki peringkat tiga.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin