Speaker Pintar Amazon Dominasi Smart Home Di AS

New York – Amerika Serikat menjadi negara yg paling cepat dalam mengadopsi teknologi smart home. Hal tersebut didorong oleh pemanfaatan speaker pintar di setiap rumah, salah satunya yg diciptakan oleh Amazon.

Forbes melaporkan, adopsi teknologi smart home di AS mulai mencapai 244 juta di 2020 nanti, meningkat sebanyak 24 juta dari 2016 berdasarkan riset yg dikerjakan Forester Reserach.

Amazon mendominasi penjualan perangkat speaker pintar yg mencapai 11 juta unit di 2016 menjadi pendorong adopsi smart home. Angka tersebut diprediksi Forrester mulai berlipat ganda lagi hingga akhir 2017.

Disebutkan juga bahwa speaker pintar Amazon mendominasi lebih dari 50 persen teknologi rumah pintar di AS di 2017. Dominasi tersebut mulai selalu bertahan hingga 2020 dengan pangsa pasar 68 persen.

Keberhasilan speaker pintar Echo punya Amazon ketimbang produk serupa lainnya adalah karena Amazon telah menyiapkan eksosistem layanan yg dapat memanjakan penggunanya.

Amazon telah memiliki layanan berlangganan bernama Amazon Prime yg mencakup semua layanan e-commerce dari Amazon yg dapat diakses lewat aplikasi Echo ke berbagai perangkat lainnya yg terhubung.

Forrester mencatat bahwa setidaknya ketika ini ada 48 juta pelanggan Amazon Prime di AS dan mulai selalu meningkat hingga 61 persen di tahun 2022.

Dari speaker pintar, Forrester menyebutkan bahwa perangkat smart home seperti smart ligthting mulai menjadi perangkat smart home yg populer. Forrester melihat bahwa hal yg mampu memperlambat adopsi teknologi smart home bukan harga perangkatnya melainkan biaya berlangganan layanan.

Konsumen mulai lebih mempercayai perusahaan teknologi smart home yg tidak cuma menyediakan perangkat, tapi hingga ekosistem layanannya. Untuk beberapa tahun ke depan, speaker pintar diyakini masih mulai menjadi perangkat favorit.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin