Telkomsel Luncurkan Solusi Fleet Management

Jakarta – Sebagai bagian dari agenda inovasi dalam menghadirkan solusi Internet of Things (IoT) di Indonesia, Telkomsel launching solusi Fleet Management buat Enterprise, Telkomsel FleetSight.

Telkomsel FleetSight yaitu solusi layanan pengelolaan armada yg mensinergikan perangkat telematika berbasis satelit (termasuk sensor-sensor) yg dipasangkan pada aset bergerak/kendaraan, dengan layanan konektivitas Telkomsel serta platform Fleet Management yg disupport oleh partner strategis Telkomsel.

Solusi ini diharapkan mampu menolong klien pengguna dalam mengatasi permasalahan yg berkaitan dengan operasional armada, dengan meminimalkan risiko yg terkait dengan investasi kendaraan melalui peningkatan keselamatan, keamanan, efisiensi, dan produktivitas armada.

Dengan total jumlah kendaraan bermotor (selain sepeda motor) yg mencapai 24 juta unit pada tahun 2016, dengan 40 persennya yaitu kendaraan komersial, Indonesia memiliki potensi pasar yg sangat besar bagi solusi Fleet Management.

Ditambah lagi dengan besarnya biaya logistik dan transportasi di Indonesia yg mencapai 24% dari total GDP dan yaitu yg tertinggi di ASEAN, melatar belakangi tingginya permintaan solusi Fleet Management.

Solusi vertikal yg terintegrasi dengan layanan Telkomsel IoT Control Center ini yaitu jawaban atas kebutuhan perusahaan dalam mengoptimalkan produktivitas dan meningkatkan keselamatan fleet/ armada operasional yg mereka miliki.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Telkomsel berkomitmen pada transformasi digital perusahaan yg menghasilkan berbagai jenis produk, layanan, dan solusi yg tak cuma memecahkan persoalan pelanggan, namun juga meningkatkan kualitas hidup mereka. Inovasi solusi berbasis IoT yaitu bentuk kontribusi kita dalam mendukung perkembangan ekosistem IoT sekaligus mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.”

“Sebagai bagian dari transformasi dan memanfaatkan jangkauan jaringan terluas di Tanah Air, kita berupaya menjadi penyedia solusi Fleet Management terdepan di Indonesia dengan memberikan teknologi digital yg inovatif dan layanan profesional berkualitas terbaik,” tambah Ririek.

Telkomsel FleetSight didukung konektivitas jaringan berkualitas handal yg telah menjangkau lebih dari 95 persen wilayah populasi di Indonesia dengan layanan 2G dan 3G. Layanan ini juga mengadopsi teknologi berstandard internasional termasuk perangkat pelacak yg dapat beroperasi baik di jaringan 2G maupun 3G bagi memastikan kontinuitas layanan.

Sebagai komitmen atas kualitas solusi Fleet Management yg diberikan, Telkomsel juga bekerjasama dengan Michelin, perusahaan ban dan mobilitas terkemuka di dunia yg melalui anak perusahaannya Sascar, menjadi penyedia Solusi Fleet Management berskala global dengan lebih dari 265 ribu kendaraan sudah terkoneksi pada platform aplikasinya.

Dalam layanan solusi FleetSight, perangkat telematika berbasis GPS dengan sensitivitas tinggi mulai disematkan pada armada dan terhubung dengan platform melalui jaringan 2G/3G Telkomsel. Selanjutnya melalui jaringan internet, segala data dan keterangan mengenai armada mampu diakses oleh pengguna melalui Web Dashboard yg didesain sedemikian rupa dengan mempertimbangkan User Interface dan User Experience terbaik.

Telkomsel FleetSight dibangun dan ditawarkan dengan memanfaatkan keunggulan jangkauan jaringan terluas dan dukungan teknis berskala nasional.

Layanan berkonsep managed service ini juga memberikan keuntungan secara bisnis kepada klien pengguna, dengan menawarkan skema bisnis yg mudah, fleksibel, dan mampu sepenuhnya diimplementasikan sesuai kebutuhan bisnis klien pengguna. Selain itu, infrastruktur teknologi yg digunakan oleh layanan FleetSight ini mulai memungkinkan integrasi dengan platform yg telah dimiliki oleh pengguna. [ikh]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin