Terungkap, Chipset Masa Depan AMD

San Diego – Sebuah kebocoran baru ‘roadmap’ CPU AMD sudah bocor secara online yg mengkonfirmasi beberapa rumor dan codenames sebelumnya dan juga memberi sekilas codename HEDT, CPU dan APU baru yg mulai hadir pada tahun 2020.

Dibocorkan oleh situs Informatica Cero, Slide dengan judul ‘2020 And Beyond-Crusin For Success’ menjabarkan penamaan bagi prosesor yg mulai dikeluarkan AMD pada tahun itu.

Untuk kelas High End Desktop (HEDT), AMD cuma memberi nama NG HEDT yg mungkin berarti Next Generation HEDT. CPU ini adalah penerus dari prosesor HEDT yg dinamakan ‘Castle Peak’.

Kedua prosesor ini masih menjadi misteri. Satu detail jelas adalah keduanya masih mengusung socket TR4. Pertanyaannya adalah dukungan socket ini backward compatible dengan chipset lama atau mulai hadir chipset baru khusus bagi mengusung prosesor baru ini.

Untuk kelas mainstream, AMD mulai mengeluakan prosesor dengan kode nama ‘Vermeer’. Slide ini tak menyebutkan detail apa pun mengenaik prosesor ini.

Tetapi CPU ini tetap masih memakai socket yg sama merupakan AM4. Untuk APU desktop dan mobile, terdapat prosesor yg bernama ‘Renoir’ dan bagi APU kelas entry-level terdapat prosesor dengan nama ‘Dali’.

Semua prosesor yg dikeluarkan AMD pada tahun 2020 mulai masuk kedalam fase yg dinamakan Optimization.

Seperti skema Tick-Tock yg dianut oleh Intel beberapa tahun lalu, ini memperlihatkan bahwa 2020 prosesor yg dihadirkan AMD adalah penyempurnaan dari micro arsitektur yg mulai diperkenalkan pada tahun 2019.

Semua prosesor yg hadir pada fase ini mulai memakai penyempurnaan dari arsitektur Zen 2.

Seperti layakya slide yg didapatkan dari pihak ketiga dan tanpa penjelasan, Roadmap ini belum tentu menggambarkan kondisi yg sebenarnya

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin