Toshiba Jual Bisnis TV Ke Hisense Rp1,5 Triliun

Tokyo – Salah satu raksasa elektronik Jepang, Toshiba, kabarnya bersiap menjual unit bisnis televisi mereka ke perusahaan elektronik yang berasal China, Hisense.

Nikkei Asian Review melansir, Toshiba mulai melepas 95 persen sahamnya di Toshiba Visual Solution sebesar 12,9 miliar yen atau sekitar Rp1,5 triliun.

Penjualan ini disetujui setelah Toshiba sepakat bagi melepas beberapa unit bisnis yg dianggap bukan bisnis utama.

Toshiba melaporkan bahwa ekuitas unit bisnis televisi mereka berada pada angka negatif, yakni 11,7 miliar yen atau sekitar Rp1,4 triliun pada akhir Maret lalu.

Dengan keputusan ini, Toshiba mulai dapat mencatat kenaikan sebesar 25 miliar yen atau sekitar Rp3 triliun, buat tahun fiskal berjalan yg mulai berakhir pada Maret 2018.

Unit bisnis televisi Toshiba sudah memproduksi sekitar 700 ribu pesawat televisi selama tahun fiskal yg berakhir pada Maret 2017. Pada periode tersebut, Toshiba meraup pendapatan 43,7 miliar yen atau Rp5,2 triliun, dan kerugian senilai 6,137 miliar yen atau sekitar Rp736 miliar.

Juru bicara Toshiba mengatakan, kesepakatan penjualan bisnis ini tak termasuk 700 karyawan Toshiba. Ketentuan ini mulai akan berjalan pada awal Februari 2018 nanti.

Saat pengumuman ini dibuat, nilai saham Toshiba naik 4,7 persen di perdagangan Tokyo, sedangkan saham Hisense justru melemah ke angka 2,4 persen di bursa Shanghai.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin