Xiaomi Didorong Genjot Produksi Di Batam

Batam – Perusahaan elektronik dan perangkat lunak China, Xiaomi Inc, didorong oleh otoritas ekonomi Batam bagi mengekspansi pabrik ponsel pintar mereka yg berada di Kota Batam, Kepulauan Riau.

“Kami sedang mendorong perwakilan Xiaomi buat ekspansi tidak mengurangi kapasitas. Kalau mau investasi, aku mulai carikan lahannya dan bantu proses perizinannya sehingga dapat cepat selesai,” kata Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo ketika ditemui di kompleks Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa makam (23/1/2018).

Mantan Sekretaris Kemenko Perekonomian tersebut mengungkapkan bahwa perwakilan dari pihak Xiaomi sedang menjajaki kemungkinan ekspansi pabrik tersebut.

Ia menyampaikan pihak Xiaomi telah melihat bahwa produksi ponsel pintar mereka di Batam bisa berjalan baik, kualitasnya dapat terjaga, dan tepat waktu dari sisi rantai pasokan.

Selain ekspansi, BP Batam juga mendorong Xiaomi supaya mampu membangun industri pemasoknya (supplier), sehingga ekosistem bisnis mereka bisa terbentuk di Batam.

“Di Batam ada fasillitas bandara dan pelabuhan, dapat bagi logistik mereka,” ucap Lukita.

BP Batam mulai memberikan fasilitas izin investasi 3 jam atau layanan pengurusan izin investasi yg dijamin beres dalam jangka waktu tiga jam kerja sejak calon investor melakukan pendaftaran.

“Layanan izin investasi 3 jam ini pasti ada turunan lainnya. BP Batam mulai mengawal supaya perizinan dari investor dapat dipercepat, karena tak segala perizinan dari BP Batam. Setiap ketika BP Batam bersiap berdialog bagi mencari solusi,” kata Lukita.[tar]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin