Xiaomi Mi MIX 2S Resmi Meluncur Tanpa ‘Poni’

Shanghai – Setelah berminggu-minggu marak dibicarakan di dunia maya, akhirnya Xiaomi Mi MIX 2S resmi meluncur. Flagship anyar ini diperkenalkan dalam sebuah acara yg digelar di Shanghai, China pada Selasa (27/3/2018).

Smartphone dengan tampilan layar bezel-less ini membawa sejumlah perubahan dari pendahulunya, Mi MIX 2. Salah satunya, set-up dual-camera di bagian belakang dengan masing-masing sensor 12MP wide-angle dan 12MP lensa telephoto.

Kamera ganda tersebut terletak di bagian tepi dan tersusun secara vertikal, mirip penempatan pada iPhone X. Beruntung cuma sektor penempatan kamera belakang yg dicontek Xiaomi, pasalnya notch atau ‘poni’ khas iPhone X yg seakan-akan kini menjadi tren, tidak muncul di layar Mi MIX 2S.

Fitur dual-camera pada Mi MIX 2S didukung dengan 2x optical zoom, OIS bagi menjaga kestabilan ketika memotret, auto-focus (PDAF), dan 1,4 mikropiksel, di mana ukurannya lebih besar dibanding pendahulunya.

Sensor kamera Mi Mix 2S memakai CMOS Sony IMX 363 yg diklaim mampu menolong menghasilkan foto minim blur dalam keadaan minim cahaya atau low-light.

Salah satu fitur yg cukup menarik adalah efek bokeh, di mana dynamic range-nya mampu diatur mengandalkan kecerdasan buatan (AI). Latar mampu disesuaikan apakah ingin diperhalus atau lebih renggang. Dynamic range pada mode portrait ini, dapat digunakan buat mebuat animasi GIF.

AI pada kamera Mi MIX 2S juga dapat mendeteksi cuaca ketika mengambil objek. Misalnya, ketika kondisi mendung, hasil gambar mulai tetap lebih cerah dengan saturasi yg optimal.

Teknologi AI juga diterapkan bagi membuat efek bokeh pada pengaturan kamera tunggal Mi MIX 2S, terutama pada kamera selfie. Sayangnya, ketika acara peluncuran, boss besar Xiaomi Lei Jun tak menyebut spesifikasi kamera depan dari flagship anyarnya ini.

Beralih ke sisi dapur pacu. Seperti yg disebut-sebut, Mi MIX 2S disokong dengan chipset premium Qualcomm Snapdragon 845 dan prosesor grafis Adreno 630, yg dipadukan dengan pilihan RAM 6GB dan 8GB.

Xiaomi Mi MIX 2S memakai sistem operasi mobile Android 8.0 Oreo berlapis antarmuka MIUI 9.5, serta ditenagai baterai berkapasitas 3400mAh.

Tampak depan, Mi Mix 2S masih mengadopsi full screen display dengan bingkai super tipis alias thin bezel-less di bagian bawah dengan sudut yg membulat. Ukuran layarnya 5,9 inci dengan rasio aspek 18:9. Layar ini mengusung resolusi Full HD+ 2160 x 1080 piksel.

Sementara bagian belakangnya terbuat dari keramik dengan bagian frame bermaterial alumunium. Tersemat pula pemindai sidik jari yg membulat, seperti pemindai sidik jari perangkat Xiaomi lainnya. Hal ini sekaligus menjawab rumor in-screen fingerprint, atau pemindai sidik jari dalam layar, seperti yg beredar sebelumnya.

Xiaomi Mi MIX 2S memiliki dua pilihan warna, yakni putih dan hitam. Khusus varian hitam, memiliki sorotan emas 18 karat. Flagship anyar Xiaomi ini juga didukung dengan Qi wireless charging, atau pengisi daya nirkabel, yg dijual terpisah.

Terdapat tiga varian Mi MIX 2S berdasarkan kapasitas RAM dan media penyimpanan yg masing-masing dijual dengan harga berbeda. Untuk model dengan RAM 6GB, varian dengan memori internal 64GB, dijual seharga 3.299 yuan atau sekitar Rp7,2 juta, sementara bagi varian dengan storage 128GB, dibanderol 3.599 yuan atau sekitar Rp7,9 juta.

Sedangkan varian termahalnya, yakni RAM 8GB dan media penyimpanan 256GB, ditawarkan dengan harga 3.999 yuan atau sekitar Rp8,7 juta, yg mulai ditambah bonus Qi wireless charging secara gratis.

Belum ada keterangan resmi terkait penjualan Mi MIX 2S secara global, termasuk kehadirannya di pasar gadget Tanah Air. Namun, seandainya melihat ke belakang, sepertinya Indonesia masih belum menjadi pasar smartphone kelas high-end Xiaomi.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin