Survei Nyatakan Berpeluang Lolos Ke DPR, PSI Makin Optimis

JAKARTA, – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) makin optimis lolos ke Dewan Perwakilan Rakyat setelah melihat hasil survei Charta Politika terbaru 19-25 Maret.

“Kami berterimakasih dengan survei ini. Survei ini membuat kita semakin optimistis,” kata Juru Bicara PSI Andy Budiman ketika mengahdiri rilis survei Charta Politika di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Survei Charta Politika menunjukkan, elektabilitas PSI tertinggi diantara parpol baru dengan 2,2 persen. 

Baca juga: Survei Charta Politika: PSI dan Perindo Berpeluang Lolos ke Parlemen

PSI dapat lolos ambang batas parlemen (parliamentary treshold) sebesar 4 persen seandainya memperhitungkan margin of error survei sebesar 2,19 persen. Selain itu, ada responden yg tak menjawab sebesar 11 persen.

Andy mengatakan, ada tiga alasan PSI optimis lolos masuk ke parlemen. Pertama, ada preseden pada pemilu 2014 di mana dua partai mendapat lonjakan suara signifikan dalam rentang waktu satu bulan menjelang pemungutan suara. Keduanya yakni PKS dan Nasdem.

Juru bicara PSI Andy Budiman di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).  CHRISTOFORUS RISTIANTO/ Juru bicara PSI Andy Budiman di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).

“Sebulan sebelum pileg, dinyatakan oleh lembaga survei angka elektabilitasnya sekitar 3 persen dan pada ketika pileg perolehan suaranya menjadi 6 persen,” ujar Andy.

Baca juga: Kampanye Jokowi-Ma’ruf, PSI Gelar Safari Toleransi di Mal Bandung

“Kali ini juga PSI percaya mengalami jalan yg sama dan optimis elektabilitas naik dan melampaui angka PT 4 persen. Ini menebalkan optimisme kami,” tambah dia.

Alasan kedua, lanjut Andy, umumnya pemilih PSI adalah orang yg ekonominya menengah ke atas dan kalangan terdidik.

Dari hasil survei juga, moyoritas orang yg ekonominya menengah ke atas dan dari kalangan terdidik tak mau menjawab atau menyatakan pilihannya ketika ditanya oleh lembaga survei.

Baca juga: PSI Pecat Kadernya yg Gelapkan Uang Koperasi di Kalbar

“Nah, pemilih PSI ini cenderung diam saat ditanya dan pada ketika pemilihan, 17 April 2019, mereka mulai coblos PSI. Kami percaya mayoritas 11,7 persen undicided voters di survei Charta Politika adalah pemilih PSI,” tutur dia.

Alasan ketiga, lanjut Andy, komunikasi politik PSI ia nilai telah tersampaikan dengan baik kepada publik. Menurut Andy, apa yg diperjuangkan PSI, yg getol menolak korupsi dan gerakan intoleransi mendapat apresiasi dari masyarakat Indonesia.

“Dari hasil survei juga tergambar bahwa PSI dikenal dan publik memilih PSI karena figur Ketum kalian Sis Grace Natalie dan tertarik pada program PSI. Itu artinya komunikasi politik PSI yg biasanya disampaikan oleh Ketum Grace di acara festival 11 efektif mendorong PSI lolos parlemen,” terang dia.

Baca juga: Caleg PSI Mengaku Gelapkan Uang Koperasi bagi Main Judi

Survei Charta Politika ini dikerjakan melalui wawancara tatap muka secara segera dengan memakai kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2000 responden yg terbesar di 34 provinsi.

Survei ini memakai metode acak bertingkat dengan margin of error plus minus 2,19 persen pada tingkat kepercayan 95 persen.

TV Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Senin siang mendatangi gedung DPRdi Senayan. Kedatangan PSI bagi memberikan penghargaan "Gabut Awards" kepada DPRkarena kinerja DPRdinilai menurun. #DPR #PSI #GabutAwars

 

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin